Pastikan Tak Akan Maju di Pilgub Jabar, Sandiaga: Incumbent Lebih Berpeluang

| 31 Jul 2024 19:15
Pastikan Tak Akan Maju di Pilgub Jabar, Sandiaga: Incumbent Lebih Berpeluang
Sandiaga Uno pastikan tak maju Pilgub Jabar. (Era.id)

ERA.id - Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Uno menegaskan, tidak akan maju mencalonkan diri di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) 2024. Nama Sandiaga sebelumnya diusulkan oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Dia juga mengaku hingga sejauh ini belum ada komunikasi dengan PKB terkait pencalonan di Pilgub Jabar 2024.

"Belum ada (komunikasi). Tapi saya sudah menyampaikan, karena waktunya sudah tidak memungkinkan, saya tidak ikut kontestasi di Jabar," kata Sandiaga di iNews Tower, Jakarta, Rabu (31/7/2024).

Dia menilai, calon petahana lebih berpeluang memenangkan Pilgub Jabar. Namun dia tak menyebut siapa sosok yang dimaksud.

Sebab menurutnya, Jabar merupakan wilayah yang besar dan butuh waktu untuk memahaminya.

"Karena jabar sangat luas provinsinya dan butuh tingkat pemahaman yang sangat dalam Jabar maka para incumbent yang sudah lama membina dan beraktivitas secara elektoral di Jabar yang memiliki peluang lebih tinggi dan jauh lebih dimungkinkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal di Jabar," kata menteri pariwisata dan ekonomi kreatif (menparekraf) itu.

Sebelumnya, PKB mengaku ada usulan dari kader agar mengusung politikus PPP Sandiaga Salahuddin Uno sebagai bakal calon gubernur (cagub) pada Pilgub Jawa Barat 2024. Usulan ini datang dari akar rumput.

"(Ada) kader PKB untuk mengajak Pak Sandiaga Uno jadi calon Gubernur Jawa Barat," kata Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Selasa (2/7).

Di sisi lain, mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masih berpeluang untuk maju kembali di Pilgub Jabar. Elektabilitas politisi Golkar itu juga masih tertinggi.

Rekomendasi