Beda dengan Gerindra, PAN Sebut Cawagub Dedi Mulyadi Masih Tunggu Kesepakatan Ketum KIM

| 07 Aug 2024 16:53
Beda dengan Gerindra, PAN Sebut Cawagub Dedi Mulyadi Masih Tunggu Kesepakatan Ketum KIM
Sekjen PAN Eddy Soeparno merespons klaim Gerindra soal cawagub Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar 2024 dari Golkar. (Era.id/Gabriella Thesa)

ERA.id - Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengatakan, masih menunggu pertemuan antar ketua umum partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk membahas bakal calon wakil gubernur untuk Pilgub Jawa Barat 2024. Menurutnya, sebelum ada pertemuan, maka belum ada kesepakatan.

Hal itu merespons klaim Partai Gerindra yang menyebut Dedi Mulyadi bakal diduetkan dengan kader Partai Golkar di Pilgub Jawa Barat 2024.

"Kembali lagi, kesepakatan itu baru bisa kita capai ketika para ketum ini duduk bersama," kata Eddy di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (7/8/2024).

Dia mengatakan, dalam pertemuan itu tentunya masing-masing partai akan mengusulkan tokoh untuk dipertimbangkan untuk disandingan dengan Dedi Mulyadi.

Eddy lantas kembali menyebut, PAN tetap akan menyodorkan kadernyan yaitu mantan Wali Kota Bogor Bima Arya dan Anggota DPR Desy Ratnasari.

"Nanti akan ada yang mengajukan calon juga mungkin ya seperti yang kita sampaikan PAN kan kita sudah punya nih, kita punya calon wakil nih namanya Bima Arya atau Desy Ratnasari untuk Jawa Barat," katanya.

Terkait kapan para ketua umum partai di KIM akan berkumpul, dia tak mengetahuinya. Wakil Ketua Komisi VII DPR RI itu berharap secepatnya pertemuan digelar.

Sebab, waktu pendaftaran pasangan calon kepala daerah ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) semakin dekat. Sehingga harus segera mencapai kesepakatan.

"Saya rasa demi keputusan yang segera kita ambil di dalam pilkada ini dalam waktu segera beliau-beliau ini akan segera berkumpul, urun rembuk untuk menghasilkan sebuah keputusan," kata Eddy.

Lebih lanjut, PAN tak akan kecewa apabila hasil pertemuan para ketua umum nantinya sepakat mengambil bakal calon wakil gubernur dari partai lain.

"Kalau nanti dalam pembahasan itu disepakati bahwa enggak deh kita nanti akan dorong si A gitu seperti itu, dan itu disepakati oleh semua, ya itulah menjadi kesepakatan bersama. Jadi tidak ada yang merasa kemudian ditinggalkan, kecewa, apalagi mutung, enggak ada gitu," ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengklaim, Koalisi Indonesia Maju (KIM) menyepakati bakal calon wakil gubernur yang akan mendampingi Dedi Mulyadi di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) 2024 dari Partai Golkar.

"Untuk Jabar diserahkan ke Golkar, sudah disepakati oleh KIM," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (6/8).

Dia mengaku, baik PAN maupun Demokrat juga sudah diajak berdiskusi terkait hal tersebut. Sehingga tak ada masalah lagi soal jatah cawagub Jabar.

Wakil ketua DPR itu menegaskan, KIM solid untuk Pilgub Jabar 2024.

"Oh enggak (masalah), kita sudah bicara kok. Kalau di Jabar harus solid," kata Dasco.

Rekomendasi