Golkar Usung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta, Jusuf Hamka Berpeluang Jadi Cawagub

| 08 Aug 2024 16:55
Golkar Usung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta, Jusuf Hamka Berpeluang Jadi Cawagub
Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tandjung saat konferensi pers di kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (8/8/2024). (Era.id/Sachril Agustin)

ERA.id - Golkar menyampaikan tiket Jusuf Hamka atau Babah Alun untuk maju sebagai bakal calon gubernur (bacagub) di Pilkada Jakarta 2024 telah gugur karena pihaknya mengusung Ridwan Kamil (RK). Namun, Jusuf Hamka berpeluang untuk menjadi bakal calon wakil gubernur (bacawagub) Jakarta.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia menyebut RK diusung di Pilkada Jakarta karena tiket RK di Pilkada Jawa Barat (Jabar) telah gugur atau invalid. Sebab, Golkar mengusung Dedi Mulyadi pada Pilkada Jabar.

"Artinya tiketnya yang sekarang masih hidup masih valid itu ada di Jakarta, di Jakarta, Ridwan Kamil itu di Jakarta," kata Doli saat konferensi pers di kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (8/8/2024).

"Dan otomatis nama Jusuf Hamka, nama Erwin Aksa, nama Ahmad Zaki Iskandar itu juga sudah invalid untuk menjadi cagub. Tapi untuk cawagub karena nama Jusuf Hamka itu kemarin diberi surat rekomendasinya isinya sebagai bacagub/bacawagub maka tetap sebagai bakal cawagub masih valid," tambahnya.

Namun, Jusuf Hamka belum tentu maju sebagai bacawagub pada Pilkada Jakarta. Sebab, Golkar masih membahas siapa pasangan Ridwan Kamil dengan partai politik (parpol) koalisi.

"Nah soal partai politik yang lain, tadi kalau pertanyaan berikutnya, siapa calon wakil gubernurnya saudara Ridwan Kamil, tentu itu nanti putusnya di tahap akhir sebelum diumumkan," ujarnya.

Sebelumnya, muncul wacana pembentukan KIM plus dengan menggandeng partai lain di luar KIM untuk Pilkada Serentak 2024, salah satunya Pilgub Jakarta dan Pilgub Jabar.

Adapun Partai Golkar memajukan Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta 2024 usai meminang kader Partai Gerindra Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar 2024. Adapun PKS sudah mengumumkan pasangan Anies Baswedan-Sohibul Iman di Pilgub Jakarta 2024.

Rekomendasi