Soal PKS Gabung KIM Plus, Prabowo: Dalam Waktu Dekat Kita Umumkan

| 08 Aug 2024 22:06
Soal PKS Gabung KIM Plus, Prabowo: Dalam Waktu Dekat Kita Umumkan
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Kompleks Widya Chandra, Jakarta. (Era.id/Sachril Agustin)

ERA.id - Ketua Umum (Ketum) Prabowo Subianto menyebut dirinya terus berkomunikasi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk membahas pemilihan gubernur (Pilgub) pada Pilkada Jakarta 2024.

"Ya ini terus kita, kita terus konsultasi (dan) komunikasi. Insyaallah dalam waktu dekat kita umumkan," kata Prabowo di depan rumah dinasnya di Jalan Widya Chandra III, Jakarta, Kamis (8/8/2024).

Saat disinggung betul tidaknya PKS bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus, Prabowo tak memberi jawaban secara gamblang.

Sebelumnya, Partai Amanat Nasional (PAN) memberi sinyal bakal ada tiga partai yang bergabung bersama KIM, yaitu NasDem, PKB, dan PKS. Tambahan partai ini menjadi vitamin baru untuk menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Hal itu merespons perkembangan terbaru terkait wacana pembentukan KIM plus.

"Kalau adanya KIM plus itu, siapapun partainya, apakah tambahannya itu melibatkan partai-partai di luar KIM seperti NasDem, PKB, atau PKS, tentu itu merupakan tambahan vitamin untuk kita," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN Eddy Soeparno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (7/8).

Dia mengatakan, tambahan partai politik yang tergabung dalam KIM untuk memperkuat kerja sama politik di sejumlah daerah strategis dalam Pilkada Serentak 2024. Misalnya Pilgub Jakarta dan Pilgub Jabar.

Rekomendasi