Jokowi Janjikan Bonus untuk Veddriq dan Rizki, Atlet Peraih Medali Emas di Olimpiade Paris

| 09 Aug 2024 13:15
Jokowi Janjikan Bonus untuk Veddriq dan Rizki, Atlet Peraih Medali Emas di Olimpiade Paris
Presiden Joko Widodo. (BPMI Setpres)

ERA.id - Preside Joko Widodo mengapresiasi keberhasilan atlet Indonesia yang berhasil meraih medali emas di ajang Olimpiade Paris 2024. Raihan itu merupakan prestasi yang membanggakan.

Diketahui, Indonesia mendulang dua medali emas yang disumbang oleh Veddriq Leonardo lewat cabang olaharaga panjat tebing dan Rizki Juniansyah dari cabang olahraga  angkat besi.

"Saya sangat senang, saya sangat mengapresiasi dan juga masyarakat saya kira semuanya senang semuanya terhadap perolehan emas dari Veddriq Leonardo di panjat tebing dan juga baru saja Rizki Juniansyah di angkat besi, saya kira negara mengapresiasi, rakyat juga sangat bangga terhadap capaian emas itu," kata Jokowi usai menghadiri Expo Festival LIKE 2 di Jakarta, Jumat (9/8/2024).

Dia lantas menjanjikan memberi bonus kepada para atlet peraih medali emas. Soal berapa nominalnya, hal itu akan dibicarakan lebih lanjut.

"Nanti dibicarakan. Yang jelas pasti ada bonus," kata Jokowi.

Sebagai informasi, atlet angkat besi Rizki Juniansyah sempat gagal di angkatan snatch pertama dengan berat beban 155kg. Namun, pada percobaan kedua, Rizki berhasil mengangkat beban yang sama. Pada kesempatan snatch terakhir, ia mencoba mengangkat 162kg tetapi gagal.

Pada clean and jerk, Rizki mulus di angkatan pertama 191kg. Lifter berusia 21 tahun itu kemudian menaikkan beban angkatannya menjadi 199kg di angkatan kedua yang menjadi rekor Olimpiade. Total angkatan Rizki 354kg dan diganjar dengan medali emas.

Sebelumnya, Atlet panjat tebing Veddriq Leonardo menjadi atlet pertama Indonesia yang menyumbangkan medali emas dalam Olimpiade Paris 2024.

Pria asal Pontianak itu mengalahkan wakil China, Wu Peng, dalam final yang diselenggarakan di Le Bourget Climbing Venue, Kamis malam WIB.

Dia membukukan waktu 4,75 detik atau 0,02 detik lebih cepat dari lawannya yang mencatat waktu 4,77 detik.

Rekomendasi