Gibran Akan Uji Coba Program Makan Bergizi Gratis di Luar Pulau Jawa

| 09 Aug 2024 16:11
Gibran Akan Uji Coba Program Makan Bergizi Gratis di Luar Pulau Jawa
Wakil Presiden terpilih 2024-2029 Gibran Rakabuming Raka membagikan susu dan buku tulis kepada warga Pondok Aren Tangerang Selatan, Jumat (9/8/2024). (ERA.id/Zulnis)

ERA.id - Program makan bergizi gratis telah diuji coba di beberapa daerah di pulau Jawa. Seperti di Kota Tangerang, Solo, Cilegon hingga Surabaya. Wakil Presiden terpilih 2024-2029 Gibran Rakabuming Raka mengaku tengah mempersiapkan uji coba program unggulannya tersebut di wilayah luar pulau Jawa.

"Sedang kita persiapkan, kemarin baru Surabaya, Solo, Tangerang, ini kita sedang persiapan di luar Jawa. Tunggu ya saya butuh waktu untuk mempersiapkan, terkait logistik dan lain-lain, nanti kami akan perhitungan kan ya," ujarnya. 

Gibran menyatakan, uji coba makan bergizi gratis telah berjalan dengan baik. Seperti di Kota Tangerang yang telah mengikuti anjuran ahli gizi dengan memberi jeda waktu antara pemberian susu dan makan siang. 

"Jadi makan siangnya di istirahat kedua minum susunya di istirahat pertama. Lalu packagingnya bisa dicuci, bawa sendok dari rumah jadi gak ada plastik yang terbuang," ucapnya.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut menegaskan, pihaknya belum menentukan apakah nantinya program makan bergizi gratis menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) atau Corporate Social Responsibility (CSR). Pihaknya akan melihat terlebih dahulu seperti apa masukan dari beberapa uji coba yang telah dilakukan.

"Ini uji coba saya belum dilantik, yang namanya uji coba kan boleh kita uji coba kita kan duli dan sekaligus menerima masukan dari orang-orang," terangnya.

Rekomendasi