PDIP Sebut Megawati Terima Undangan Upacara HUT RI di IKN, Akan Hadir?

| 09 Aug 2024 18:40
PDIP Sebut Megawati Terima Undangan Upacara HUT RI di IKN, Akan Hadir?
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Cisarua, Bogor, Jawa Barat. (Era.id/Gabriella Thesa)

ERA.id - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, Presiden kelima RI yang juga Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mendapat undangan untuk menghadiri Upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara. Namun masih mempertimbangan untuk hadir.

Undangan tersebut disampaikan oleh Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab) yang juga kader senior PDIP, Pramono Anung.

"Saya dapat informasi dari mas Pramono Anung, beliau dalam kapasitas sebagai menteri sekretaris kabinet ditugaskan oleh Presiden Jokowi untuk menyampaikan undangan ke ibu Megawati," kata Hasto di Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Jumat (9/8/2024).

Hasto mengungkapkan, kader PDIP juga mengharapkan kehadiran Megawati untuk merayakan hari kemerdekaan di Jakarta.

Rencananya, PDIP bakal menggelar upacara Kemerdekaan sekaligus merayakan HUT ke-79 RI di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta.

"Tapi karena DPP PDI Perjuangan ini juga setiap 17 Agustus mengadakan upacara sendiri, kali ini juga ada permohonan dari kader PDI Perjungan agar ibu Mega berkenan hadir di sekolah partai," katanya.

Oleh karena itu, PDIP belum bisa memastikan apakah Megawati akan memenuhi undangan untuk mengikuti upacara kemerdekaan di IKN atau di Sekolah Partai.

"Nanti ibu Mega yang akan memutuskan," kata Hasto.

Sebelumnya, pihak Istana Kepresidenan mengundang Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menghadiri upacara di IKN.

Namun pihak Istana juga terbuka jika para mantan kepala negara itu berhalangan untuk hadir di IKN.

"Jadi untuk mantan Presiden rencananya kami undang untuk upacara di IKN bersama dengan Bapak Presiden," ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Kantor Kemensetneg, Jakarta, Kamis (1/8).

Rekomendasi