Gerindra Sebut Bakal Koalisi dengan PKB di Pilgub Jakarta, Jateng, dan Jabar

| 13 Aug 2024 17:50
Gerindra Sebut Bakal Koalisi dengan PKB di Pilgub Jakarta, Jateng, dan Jabar
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. (Dok. DPR RI)

ERA.id - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan, partainya dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan berkoalisi di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Khususnya di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta, Pilgub Jawa Barat (Jabar), dan Pilgub Jawa Timur (Jatim).

"Dengan PKB kemungkinan besar kami akan kerja sama, ada beberapa daerah, untuk Jateng, Jabar, dan kemungkinan besar di DKI Jakarta," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (13/8/2024).

Terkait siapa tokoh yang akan diusung sebagai bakal calon gubernur maupun bakal calon wakil gubernur, dia mengatakan hal itu akan dibicarakan bersama-sama dengan partai yang lain setelah PKB bergabung.

"Ya nama-nama itu akan dibicarakan bersama," katanya.

Sementara soal peluang kerja sama dengan PKS, Dasco mengaku hingga saat ini pihaknya masih terus berkomunikasi dengan PKS. Terlebih PKS belakangan mengaku sudah membuka ruang kerja sama dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM), khususnya di Pilgub Jakarta 2024.

"Karena kemudian ada opsi dari PKS akan bekerja sama dengan KIM, kami sudah beberapa kali berkomunikasi dengan PKS," ujar Dasco.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan, partainya mencermati dinamika yang ada, termasuk membuka peluang kerja sama dengan Partai Gerindra di Pilgub Jakarta. Di sisi lain, PKB masih menimbang usulan DPW PKB DKI untuk mengusung Anies Baswedan.

"Kalau Partai Gerindranya oke, ya kami oke. Makanya kita berupaya juga kan menyampaikan ke Partai Gerindra apa yang menjadi usulan DPW DKI," kata Jazilul di Jakarta, Senin (12/8).

Rekomendasi