Bamsoet Bakal Temui Agus Gumiwang dan Bahlil Bahas Ketua Umum Golkar

| 15 Aug 2024 14:25
Bamsoet Bakal Temui Agus Gumiwang dan Bahlil Bahas Ketua Umum Golkar
Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo. (Era.id/Gabriella Thesa)

ERA.id - Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo alias Bamsoet mengatakan, akan menemui Plt Ketua Umum Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita dan Bahlil Lahadia untuk membahas posisi ketua umum definitif Partai Golkar.

Dia menjelaskan, sebelumnya dia bersama Agus Gumiwang dan Bahlil berencana maju sebagai kandidat ketua umum Partai Golkar pada Munas Golkar.

"Jauh sebelumnya kita sepakat akan maju bersama-sama. Nah, nanti kita akan bertemu lagi untuk memutuskan siapa di antara kami yang akan maju," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/8/2024).

Dia tak menjelaskan kapan pertemuan akan digelar. Ketua MPR RI itu hanya menyebut mereka bakal berembuk menentukan posisi ketua umum Golkar.

"Jadi kami belum bertemu lagi untuk berembuk siapa di antara kami bertiga yang akan menjadi ketua umum, kita akan bangun kesepakatan," kata Bamsoet.

Diketahui, Partai Golkar akan menggelar Rapimnas dan Munas pada 20-21 Agustus 2024. Agenda utamanya menetapkan ketua umum definitif Golkar pasca Airlangga Hartarto mengundurkan diri.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Dito Ariotedjo menyebut, bakal calon ketua umum partai berlogo pohon beringin ini mengerucut ke nama Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia.

Adapun penetapan ketua umum definitif Partai Golkar akan dilakukan dalam Musyawarah Nasional (Munas) yang rencananya digelar pada 20 Agustus di Jakarta. Munas ini dilaksanakan menyusul mundurnya Airlangga Hartarto dari kursi ketua umum.

"Ya memang kita sudah mendengar aspirasi ini mengerucut ke namanya Bang Bahlil," kata Dito di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Selasa (13/8) malam.

Meski demikian, Dito tak mau mendahului keputusan Munas lantaran pelaksanaannya harus melalui tahapan pendaftaran calon ketua umum terlebih dahulu. Ia pun mengaku belum mengetahui pasti peluang Bahlil menjadi calon tunggal dalam Munas.

"Nanti kita lihat bagaimana, ada yang daftar atau tidak. Akan ditentukan dalam forum nantinya calon tunggal atau tidak," ujar dia.

Rekomendasi