Pantun Bamsoet untuk IKN dalam Pidato Sidang Tahunan MPR-DPR 2024, Dimulai dari Pindah ke Hutan

| 16 Aug 2024 10:09
Pantun Bamsoet untuk IKN dalam Pidato Sidang Tahunan MPR-DPR 2024, Dimulai dari Pindah ke Hutan
Foto bersama sebelum Sidang Tahunan MPR-DPR 2024. (Dok. BPMI Setpres)

ERA.id - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyanjung proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam pidatonya untuk Sidang Tahunan MPR-DPR 2024, Jumat (16/8/2024). Ia pun menyiapkan satu pantun untuk menggambarkan harapannya terhadap IKN. 

Berpindah alamat ke hutan belantara

Menapak langkah membangun asa

IKN menjadi ibu kota negara

Semangat baru untuk Indonesia raya

Begitu bunyi pantun yang dibacakan Bamsoet dalam pidatonya. Ia juga menyebut IKN sebagai halaman kosong dalam buku sejarah yang bakal diisi dengan cerita-cerita kebanggaan, keberhasilan, dan cinta.

"Di usia yang ke-79, Indonesia juga menyambut babak baru dalam membangun Ibu Kota Nusantara. IKN menjadi simbol harapan dan tekad kita bersama untuk masa depan," ujarnya.

"IKN bukan sekadar sebuah nama atau lokasi di peta, melainkan sebuah halaman kosong dalam buku sejarah kita yang menunggu untuk kita tulis dengan cerita-cerita kebanggaan, keberhasilan, dan cinta yang tidak berkesudahan," lanjutnya.

Politisi dari Partai Golkar ini mengajak semua masyarakat menjaga warisan IKN, dengan harapan agar anak cucu kita kelak dapat merasakan masa depan yang lebih baik.

"Marilah kita jaga dan rawat warisan ini agar kelak ketika anak cucu kita memandang langit IKN, mereka tidak hanya melihat kota yang megah, tetapi juga merasakan denyut janutng bangsa ini untuk masa depan yang lebih gemilang," ungkapnya.

Untuk diketahui, Sidang Tahunan MPR/DPR 2024 mengangkat tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju". Untuk memperkuat tema, ornamen serta interior hingga tata lampu pada venue acara akan ditampilkan lebih ekspresif dan menonjolkan dekorasi batik.

"Sidang tahunan kali ini sangat spesial karena ini juga merupakan sidang terakhir di sisa periode DPR, DPD dan MPR periode 2019-2024," kata Ketua DPR Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/8/2024).

Akan ada tiga agenda dalam sidang ini, yaitu pertama Sidang Tahunan MPR RI dalam rangka HUT RI yang dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo dan para tamu undangan.

Kemudian Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di mana tahun ini DPR menjadi tuan rumah. Pada agenda Sidang bersama DPR dan DPD esok, Puan akan menyampaikan pidato kenegaraan.

Lalu agenda ketiga pada rangkaian Sidang Tahunan adalah Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan terakhir DPR untuk periode 2019-2024. 

Rekomendasi