Ahok: Pendukung Saya dan Pendukung Pak Anies Pilih Kotak Kosong di Pilkada DKI

| 17 Aug 2024 15:00
Ahok: Pendukung Saya dan Pendukung Pak Anies Pilih Kotak Kosong di Pilkada DKI
Ketua DPP PDIP, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. (ERA.id/Sachril)

ERA.id - Ketua DPP PDIP, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyebut Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus tidak akan melawan kotak kosong pada Pilkada Jakarta 2024. Jika hal itu terjadi, Ahok yakin warga Jakarta akan memilih kotak kosong.

"Saya yakin ya, kalau KIM itu lawan kotak kosong, saya kira masyarakat Jakarta akan melawan, pilih kotak kosong," kata Ahok di depan Sekolah PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (17/8/2024).

Ahok mengatakan pendukungnya dan pendukung Anies Baswedan yang merupakan mantan Gubernur Jakarta akan memilih opsi kotak kosong.

Dia lalu menyingung peristiwa kemenangan kotak kosong pada pemilihan Wali Kota Makassar saat Pilkada lalu.

"Pendukung Pak Anies, pendukung saya, saya kira pasti lebih cenderung pilih kotak kosong. Pasti malu kan, kayak Makassar, malu kan," ujar Ahok.

Sebelumnya, Waketum)l Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengatakan jika KIM plus terbentuk di Pilgub Jakarta 2024, maka terbuka peluang hanya ada satu poros. Menurutnya, jika hanya ada satu poros saja di Pilgub Jakarta 2024, bukan tak mungkin pasangan calon yang berlaga akan melawan kotak kosong.

"Kan ada wacana KIM plus, plusnya ini dua-duanya atau satu, kalau plus dua-dunya, maka ada satu poros saja di DKI," kata Jazilul di Kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat (2/8).

"Kalau memang semuanya kompak ingin bersama, ya kotak kosong di DKI," imbuhnya.

Disinggung soal peluang PKB mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur Jakarta apabila bergabung dengan KIM plus, dia tak menjawab tegas. Meski begitu, PKB terbuka untuk bergabung dengan KIM plus, termasuk di Pilgub Jakarta 2024.

Rekomendasi