Jokowi Lantik Eks Ketua TKN Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani Jadi Menteri Investasi

| 19 Aug 2024 09:43
Jokowi Lantik Eks Ketua TKN Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani Jadi Menteri Investasi
Rosan Roeslani saat dilantik sebagai wakil menteri BUMN pada 2023 lalu. (Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo melantik Rosan Roeslani sebagai menteri investasi/kepala badan koordinator penanaman modal (BKPM). Dia menggantikan Bahlil Lahadialia yang ditunjuk sebagai menteri energi dan sumber daya mineral (ESDM).

Pelantikan digelar pada pukul 09.00 WIB di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8/2024).

Prosesi pelantikan diawali dengan membacakan Keputusan Presiden RI Nomor 92/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024. Setelah itu, Jokowi mengambil sumpah jabatan menteri.

"Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," ujar Jokowi mendiktekan sumpah jabatan yang diikuti Rosan saat pelantikan.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab."

Acara pelantikan tersebut dihadiri Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Sejumlah kepala lembaga juga hadir, diantaranya yaitu Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani.

Selain itu hadir pula Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menkominfo Budi Arie, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

DIketahui, Rosan bukan wajah baru di Kabinet Indonesia Maju. Pada 17 Juli 2023, dia ditunjuk sebagai wakil menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggantikan Pahala Mansury yang digeser menjadi wakil menteri luar negeri.

Sebelum menjabat sebagai wakil menteri BUMN, eks ketua KADIN itu menjabat sebagai duta besar Indonesia untuk Amerika Serikat.

Namun, baru tiga bulan menjabat sebagai wakil menteri BUMN, pada Oktober 2023, Rosan menyatakan mundur dari jabatannya di kementerian pelat merah. Alasannya, dia ditunjuk sebagai ketua tim kampanye nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.

Rekomendasi