Profil Airin Rachmi Diany, Calon Gubernur Banten yang Resmi Diusung PDIP dan Golkar

| 27 Aug 2024 18:00
Profil Airin Rachmi Diany, Calon Gubernur Banten yang Resmi Diusung PDIP dan Golkar
Profil Airin Rachmi Diany. (Antara)

ERA.id - Politikus Partai Golkar, Airin Rachmi Diany, diusung secara resmi oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Golkar sebagai calon gubernur Banten dalam Pemilihan Gubernur atau Pilgub 2024. Airin dinformasikan berpasangan bersama kader PDIP, Ade Sumardi. Simak profil Airin Rachmi Diany di bawah ini.

Airin resmi diusung oleh PDIP setelah Golkar mencabut dukungan untuk mantan Wali Kota Tangerang Selatan tersebut. Dalam Pilgub Banten, Golkar menggabungkan diri dengan Koalisi Indonesia Maju dan mengusung Andra Soni-Dimyati Natakusumah.

Profil Airin Rachmi Diany

Airin Rachmi Diany mempunyai latar belakang pendidikan di bidang hukum dan kenotariatan. Sebelumnya, ia menempuh pendidikan sarjana hukum di Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung, dan meneruskan spesialis Studi Notariat di Universitas Padjadjaran (Unpad).

Selanjutnya, dia kembali meneruskan studi di Universitas Padjadjaran untuk mengambil gelar magister Ilmu Hukum Bisnis. Dia lalu mengawali karier politiknya pada tahun 1999 dengan dipilih sebagai anggota DPRD Kota Tangerang.

Karena memiliki kinerja bagus dan menerima dukungan dari koleganya, Airin kemudian mencalonkan diri dalam Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2011 sebagai Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), sejak kota tersebut berdiri pada tahun 2008.

Eks Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany (ANTARA)

Kesuksesan istri dari Tubagus Chaeri Wardana dalam pembangunan infrastruktur Tangerang Selatan tersebut menjadikannya berhasil menjabat walikota selama 2 periode.

Ketika menjadi Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany sering mondar-mandir ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta untuk menjenguk dan menemani suaminya, Chaeri Wardana alias Wawan.

Wawan didakwa menyuap Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar senilai Rp1 miliar terkait penanganan perkara pemilihan kepala daerah Lebak. Wawan juga diduga menyerahkan Rp7,5 miliar terkait dengan perkara perselisihan hasil pemilihan Gubernur Banten tahun 2011 yang diselenggarakan di MK.

Profil Airin Rachmi sering diidentikkan sebagai bagian dari keluarga dinasti di Banten. Dia juga adalah adik ipar dari Ratu Atut Chosiyah yang menjadi mantan Gubernur Banten periode 2007-2015. Walaupun demikian, Airin beberapa kali mendapatkan penghargaan atas kinerjanya kepada masyarakat.

Beberapa penghargaan tersebut adalah Wali Kota Inovatif Terbaik dalam penanganan Covid-19, penghargaan Pemkot Tangsel atas keberhasilan penyusunan laporan keuangan standar tertinggi dalam akuntansi pada 2011 dan 2012, penghargaan Anubhawa Sasana, dan prestasi mentereng lainnya.

Selanjutnya, Airin menyelesaikan masa jabatan sebagai Wali Kota Tangsel, adik ipar dari Ratu Atut Chosiyah tersebut kemudian dilantik sebagai Ketua Kesatuan Perempuan Golkar pada 2021.

Airin pun sering diundang sebagai pembicara aktif dalam forum-forum politik dan menyampaikan terkait perempuan yang mampu melakukan adaptasi dalam dunia politik.

Berapa Harta Kekayaan Airin Rachmi?

Dilansir dari laman Laporan Harta kekayaan Penyelenggara Negara Elektronik (ELHKPN) milik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), harta kekayaan Airin Rachmi Diany ditaksir senilai Rp24.460.195.943 atau Rp24,4 miliar. Sedangkan rincian harta kekayaannya adalah sebagai berikut:

  • Tanah dan Bangunan: Rp21.110.195.943 (Rp21 miliar)
  • Surat Berharga: Rp1.850.000.000 (Rp1,85 miliar)
  • Harta Bergerak Lainnya: Rp1.500.000.000 (Rp1,5 miliar)

Diinformasikan tidak mempunyai utang, dengan demikian total seluruh harta kekayaan Airin sebesar Rp24.460.195.943 atau Rp 24,4 miliar. Dari laporan tersebut, dia diketahui mempunyai 68 aset berupa tanah dan bangunan di Kota Bogor, Kota Bandung, Kota Sumedang, Kota Cianjur, Kota Serang, Kota Jakarta Selatan, dan Kota Jakarta Barat.

Dari aset tanah dan bangunan tersebut, 31 di antaranya merupakan aset yang Airin dapatkan sendiri. Adapun 37 lainnya adalah hibah tanpa akta. Aset berupa properti itu dimiliki Airin dengan luas yang beragam.

Itulah profil Airin Rachmi Diany yang diusung secara resmi oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai calon gubernur Banten dalam Pemilihan Gubernur atau Pilgub 2024.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi