PKB Jalan Sendiri di Pilgub Jatim, Usung Luluk-Lukmanul Hakim

| 28 Aug 2024 16:58
PKB Jalan Sendiri di Pilgub Jatim, Usung Luluk-Lukmanul Hakim
Waketum PKB Jazilul Fawaid. (Antara)

ERA.id - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi mengusung kadernya sendiri yaitu Luluk Hamidah dan Lukmanul Hakim, sebagai bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur di Pilgub Jawa Timur (Jatim) 2024.

Wakil Ketua Umum (Waketum) PKB Jazilul Fawaid mengatakan, kedua kadernya ini terbilang masih muda sehingga diharapkan memberi nuansa yang lebih segar.

"Betul. PKB bulat mengusung mbak Luluk Hamidah berpasangan dengan Luman Hakim. Kita ingin pemimpin di Jawa Timur, pemimpin yang fresh, PKB menyajikan itu," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (28/8/2024).

Lantaran masih muda, PKB meyakini Luluk-Lukmanul bisa lebih bersinergi dengan anak-anak muda.

"Insyaallah pasangan Luluk-Lukman ini lebih bersinergi, lebih muda dibanding pasangan yang ada yang lain," kata Jazilul.

Dia mengaku, keputusan mengusung Luluk-Lukman merupakan kejutan dari PKB untuk masyarakat Jatim. Terlebih partainya punya tiket yang cukup untuk mengusung sendiri pasangan calon di Pilgub Jatim 2024.

Di sisi lain, hampir seluruh bakal calon gubernur yang maju di Pilgub Jatim adalah perempuan. Di sampung itu, Luluk diyakini lebih paham isu-isu menyangkut perempuan dan anak.

Diketahui, Koalisi Indonesia Maju (KIM) kompak mengusung Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak, sementara PDI Perjuangan diprediksi akan memajukan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

"Dari awal kami ingin membuat kejutan di akhir, karena memang PKB memiliki tiket sendiri untuk memajukan kadernya," kata Jazilul.

"Kenapa kita pilih Luluk? Pertama kaerna kami melihat figur yang tampil di Jatim semuanya perempuan, kita (PKB mengusung) Mbak Luluk," kata Jazilul.

Rencananya, pasangan Luluk-Lukman akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Timur pada Kamis (29/8) besok.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin akan mendampingi langsung proses pendaftaran kadernya untuk maju di Pilgub Jatim 2024.

"Besok (sore) Cak Imin, insyaallah akan (ikut) mendaftarkan ke (KPUD) Jawa Timur," ucapnya. 

Rekomendasi