DPC dan DPD PDIP Klaim Kans Anies-Ono 95 Persen Maju Pilgub Jabar, DPP PDIP Belum Beri Kepastian

| 29 Aug 2024 21:55
DPC dan DPD PDIP Klaim Kans Anies-Ono 95 Persen Maju Pilgub Jabar, DPP PDIP Belum Beri Kepastian
DPD PDI Perjuangan Kota Bandung (Era.id/Reza Deny)

ERA.id - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dikabarkan akan maju dalam kontestasi Pilgub Jawa Barat (Jabar) bersama PDIP. Anies Baswedan pun diklaim akan dipasangkan dengan Ketua DPD PDIP Jabar, Ono Surono. Namun, hingga berita ini ditayangkan, DPP PDIP belum juga mengonfirmasi klaim DPC dan DPD PDIP tersebut. Belum dapat dipastikan apakah Anies akan maju dalam pilkada Jabar.

Sekretaris DPD PDIP Jabar, Ketut Sustiawan menyatakan, sebelum mendaftar ke KPU, Anies Baswedan lebih dulu menyambangi kantor DPD PDIP di Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung.

Kemudian, sekitar pukul 22.00 WIB, rombongan dan simpatisan akan mengantarkan pasangan Anies Baswedan dan Ono Surono ke KPU Jabar di Jalan Garut, Kota Bandung.

"21.30 WIB Anies ke DPD, 22.00 WIb daftar ke KPU," ungkap Ketut, Kamis (29/8/2024).

Kondisi di kantor DPD PDIP Jabar pun dipenuhi oleh ribuan simpatisan yang mayoritasnya mengenakan pakaian bernuansa merah menantikan kedatangan Anies Baswedan. Para simpatisan terlihat sudah siap dengan atribut dan bendera partai.

Sementara, kondisi jalan raya disekitar kantor DPD PDIP Jabar cukup padat dipenuhi para simpatisan.

Pada kesempatan lain, Bendahara DPC PDI Perjuangan Kota Bandung Folmer Siswanto mengungkapkan kans pasangan Anies Baswedan-Ono Surono untuk berlaga di Pemilihan Kepala Daerah Gubernur (Pilkada) Jawa Barat adalah 95 persen dengan Anies sedang dalam perjalanan ke Bandung.

"Iya 95 persen. Apalagi Pak Anies sedang dalam perjalanan ke Bandung," kata Folmer saat dihubungi di Bandung dikutip dari Antara, Kamis (29/8/2024).

Kemungkinan ini sendiri, kata Folmer, adalah hasil pengerucutan dari sejumlah sosok yang semula digodok di internal PDIP untuk diusung di Pilkada Jabar bersama Ono yang merupakan Ketua DPD PDIP Jabar.

"Kalau perkembangan di kalangan internal mengerucutlah. Dari beberapa nama yang beredar, seperti Sandiaga Uno, Susi Pudjiastuti, kalau diprediksi kemungkinan besar mengarah ke Pak Anies. Apalagi sedang di jalan," katanya.

Meski begitu, Folmer mengatakan kemungkinan itu belum pasti. Folmer mengaku pihaknya sendiri masih menunggu keputusan resmi.

"Kita belum bisa pastikan sampai keputusan resmi. Kita tunggu saja ya," ujarnya.

Sejauh ini, yang mendaftar untuk Pilkada Jabar ada dua pasangan, yakni Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan yang diusung Golkar, Demokrat, Gerindra, PSI, PAN, serta hampir semua partai non parlemen seperti Partai Buruh, PBB, Gelora, Perindo.

Kemudian pasangan Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie yang diusung PKS, PPP dan Nasdem.

Rekomendasi