Paus Fransiskus Akhiri Perjalanan ke Indonesia, Petugas Bandara Berebut Berkat

| 06 Sep 2024 11:10
Paus Fransiskus Akhiri Perjalanan ke Indonesia, Petugas Bandara Berebut Berkat
Paus Fransiskus memberkati para petugas bandara. (Tanggapan layar)

ERA.id - Paus Fransiskus mengakhiri kunjuannnya ke Indonesia pada hari ini, Jumat (6/9/2024). Pimpinan tertinggi gereja Katolik itu akan melanjutkan perjalanan apostoliknya ke Papua Nugini.

Dari pantauan sirangan langsung, Fransiskus tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang sekitar pukul  10:00 WIB. Kali ini, dia akan menumpangi pesawat Garuda Indonesia.

Sejumlah pejabat negara dan gereja ikut mengantarkan kepulangan Paus Fransiskus untuk melanjutkan perjalanan kerasulannya. Antara lain ada Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Uskup Agung Jakarta Kardinal Ignatius Suharyo, Ketua Konferensi Waligereja Indonesia Mgr. Antonius Subinato Bunyamin, Duta Besar Tahta Suci untuk Indonesia Uskup Piero Pioppo, hingga Ketua Panitia Kunjungan Apostlik Paus Fransiskus ke Indonesia Ignatius Jonan.

Tak seperti saat kedatangan, jelang akhir kunjungannya di Indonesia, banyak orang yang sudah menanti untuk bertemu Paus Fransiskus secara langsung.

Sejumlah petugas bandara hingga protokoler terlihat memberanikan diri mendekati Paus Fransiskus, dan meminta berkat langsung kepada imam dari Ordo Serikat Yesus itu.

Tepat pukul 10:30 WIB, pesawat Garuda Indonesia yang membawa Paus Fransiskus lepas landas meninggalkan tanah Indonesia, diiringi lambaian tangan dari semua orang yang hadir.

Sebagai informasi, Paus Fransiskus melakukan perjalan Apostolik ke negara-negara Asia dan Oseania.

Indonesia adalah negara pertama yang dikunjungi Paus Fransiskus. Setelah itu perjalanan dilanjutkan ke Papua Nugini, Timor Leste dan berakhir di Singapura.

Rekomendasi