Surat Pengunduran Diri Sudah Diteken Jokowi, Pramono: Tak Mudah Jaga Dapur Presiden

| 19 Sep 2024 15:42
Surat Pengunduran Diri Sudah Diteken Jokowi, Pramono: Tak Mudah Jaga Dapur Presiden
Pramono Anung dan Rano Karno bersama petugas pertamanan di simpang Semanggi. (Era.id/Gabriella Thesa).

ERA.id - Pramono Anung berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah mempercayainya selama 10 tahuh terakhir sebagai menteri sekretaris kabinet (menseskab). Kini dia resmi melepas jabatan tersebut.

Hal itu merespons surat pengunduran dirinya sebagai menseskab sudah diteken Jokowi. Dia memutuskan hengkang lantaran maju sebagai bakal calon gubernur di Pilgub Jakarta 2024.

"Saya berterimakasih kepada bapak presiden, sudah dua periode diberikan kepercayaan untuk menjadi Sekretaris Kabinet," kata Pramono di Simpang Semanggi, Jakarta, Kamis (19/9/2024).

Dia mengatakan, kepercayaan Jokowi kepada dirinya sangat besar hingga bertahan menjadi menseskab dalam 10 tahun terakhir. Dia mengaku, bukan pekerjaan mudah menjaga dapur seorang kepala negara.

Meski begitu, dia meyakni Jokowi bisa melihat performa kerjanya selama ini.

"Saya secara jujur menyampaikan bahwa saya sungguh sangat berterima kasih karena begitu tidak mudahnya menjaga dapur presiden, tetapi alhamdulillah rasa-rasanya sampai hari ini saya menunjukkan performa yang pasti dianggap baik oleh presiden," kata Pramono.

Kini setelah tak lagi jadi bagian kabinet di pemerintahan Jokowi, politisi PDI Perjuangan itu mengaku lebih leluasa bekerja sama dengan Rano Karno alias Doel yang merupakan bakal calon wakil gubernur Jakarta.

Ke depan, dia bakal fokus melakukan sosialisasi dengan warga dan tokoh masyarakat di Jakarta.

"Dengan demikian saya sekarang sudah bisa bekerja penuh, atau mempunyai waktu penuh untuk melakukan sosialisasi bersama dengan Bang Doel," kata Pramono.

Diketahui, Presiden Joko Widodo menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) tentang Pemberhentian Pramono Anung dari jabatannya saat ini sebagai Sekretaris Kabinet.

Pramono Anung sebelumnya mengajukan pengunduran diri kepada Presiden Joko Widodo atas langkahnya maju sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2024.

"Pada hari ini, Kamis, 19 September 2024, Bapak Presiden telah menandatangani Keppres Nomor 105 P tentang Pemberhentian Dengan Hormat Bapak Pramono Anung Wibowo sebagai Sekretaris Kabinet, terhitung mulai tanggal 22 September 2024, disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya selama memangku jabatan Seskab," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam pesan tertulis, Kamis.

Ari menjelaskan dalam Keppres tersebut, Presiden Jokowi juga menunjuk Menteri Sekretaris Negara Pratikno sebagai Pelaksana Tugas Seskab.

Rekomendasi