Dilantik Jadi Anggota DPR, Mendes dan Menaker Mengundurkan Diri dari Kabinet

| 01 Oct 2024 07:30
Dilantik Jadi Anggota DPR, Mendes dan Menaker Mengundurkan Diri dari Kabinet
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar. (Istimewa)

ERA.id - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar dan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengundurkan diri dari jabatannya di Kabinet Indonesia Maju. Dua politisi PKB tersebut sudah mengajukan surat kepada Presiden Joko Widodo.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengkonfirmasi kabar tersebut.

"Bapak presiden telah menerima surat pengunduran diri dari bapak Abdul Halim Iskandar dan ibu Ida Fauziyah, dalam jabatan masing-masing sebagai menteri," kata Ari kepada wartawan, dikutip Selasa (1/10/2024).

Alasan Abdul Halim dan Ida mengundurkan diri karena keduanya lolos sebagai anggota DPR periode 2024-2029.

Diketahui, pelantikan anggota DPR yang baru akan dilaksanakan pada hari ini di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

"Pengunduran diri bapak Abdul Halim Iskandar dan Ibu Ida Fauziyah terkait penetapan keduanya sebagai Calon anggota DPR RI Terpilih dalam Pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum," kata Ari.

Menurutnya, Jokowi sudah menyetujui pengunduran diri dua menterinya itu. Surat Keputusan Presiden (Keppres) pemberhentian dengan hormat Abdul Halim dan Ida juga sudah diteken.

Secara khusus, Kepala Negara mengucapkan terima kasih atas kinerja dua menterinya itu selama 5 tahun menjabat.

"(Presiden) ucapkan terima kasih atas jasa dan pengabdiannya selama memangku jabatan di Kabinet Indonesia Maju. Keppres  tersebut tengah dalam proses pengundangan di Kementerian Sekretariat Negara," kata Ari.

Pada Keppres yang telah ditandatangani, Jokowi menujuk Menko PMK Muhadjir Effendy sebagai pelaksana tugas (Plt) untuk mengambil wewenang dan tanggungjawab Mendes PDTT.

Selain itu juga menunjuk Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai Plt Menteri Ketenagakerjaan.

Rekomendasi