Jokowi Minta Daerah Sekitar IKN Bantu Suplai Kebutuhan Pangan

| 26 Sep 2024 11:15
Jokowi Minta Daerah Sekitar IKN Bantu Suplai Kebutuhan Pangan
Presiden Joko Widodo. (BPMI Setpres)

ERA.id - Presiden Joko Widodo meminta daerah-daerah di sekitar Ibu Kota Nusantara (IKN) membantu kebutuhan pangan di IKN. Dia mengatakan, daerah-daerah tersebut harus mulai mempersiapkan diri.

"Semuanya disiapkan. IKN-nya sendiri kan belum selesai, mungkin masih 10 tahun atau 15 tahun yang akan datang. Artinya, provinsi di sekitar IKN, kabupaten/kota di sekitar IKN harus mempersiapkan diri," kata Jokowi, dilansir dari Antara, Kamis (26/9/2024).

Jokowi mencontohkan kebutuhan sayuran, buah hingga beras bisa disuplai dari daerah sekitar IKN.

Jika kebutuhan tidak mencukupi dari Provinsi Kalimantan Timur, maka kebutuhan pangan untuk IKN juga bisa disuplai dari provinsi-provinsi lainnya.

Namun, Kepala Negara menyebut seharusnya Provinsi Kaltim bisa mendukung kebutuhan pangan untuk IKN tanpa harus suplai dari provinsi lain.

"Kalau tidak cukup berarti harus ambil dari provinsi lain, tetapi kalau bisa mestinya disiapkan dari Provinsi Kalimantan Timur sendiri, didukung oleh kabupaten di sekitar Ibu Kota Nusantara, baik buah, baik sayur, baik beras, dan bahan-bahan pokok lainnya sehingga betul-betul memberikan manfaat ekonomi pada masyarakat," ujar Jokowi.

Rekomendasi