PDIP Bocorkan Komposisi Pimpinan DPR Periode 2024-2029, Puan Bakal Kembali Memimpin

| 01 Oct 2024 11:20
PDIP Bocorkan Komposisi Pimpinan DPR Periode 2024-2029, Puan Bakal Kembali Memimpin
Ketua DPP PDIP Said Abdullah bocorkan komposisis pimpinan DPR periode 2024-2029. (Era.id/Gabriella Thesa)

ERA.id - Anggota DPR terpilih dari Fraksi PDI Perjuangan Said Abdullah membocorkan komposisi pimpinan DPR periode 2024-2029. Dia mengatakan, posisi ketua parlemen akan kembali dijabat oleh Puan Maharani.

Alasannya, berdasarkan UU MD3, PDIP berhak memperoleh kursi ketua DPR karena memiliki suara tertinggi.

"Dari PDIP, sesuai dengan UU MD3, insyaallah kalau tidak ada aral, tidak ada halangan, tidak ada hambatan,mbak Puan Maharani untuk kedua kalinya memimpin DPR RI," kata Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Ketua DPP PDIP itu kemudian menyebut, empat wakil ketua DPR akan diisi oleh partai politik pemilik suara terbanyak lima besar.

Dari Partai Gerindra, menurutnya akan kembali diisi oleh Sufmi Dasco Ahmad. Kemudian dari Partai Golkar akan diisi oleh Adies Kadir, dari Partai NasDem Saan Mustopa, dan dari PKB Faisol Reza.

"Sekelumit tentu dari Gerindta pak Dasco, Golkar nampaknya menurut hemat saya yang saya dengar Adies Kadir, dari NasDem saya dengar juga ada Saan Mustopa dan dari PKB mantan ketua komisi VIII adinda Reza," kata Said.

Sebagai informasi, sebanyak 580 anggota DPR periode 2024-2029 dilantik pada hari ini.

Sebelumnya, Ketua DPR periode 2019-2024 Puan Maharani mengatakan, penetapan pimpinan DPR periode baru akan dilakukan setelah pelantikan.

Dia berharap, penetapan pimpinan DPR berjalan lancar sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.

"Insyaallah besok pelantikan anggota baru akan dilaksanakan pagi. Setelah itu selesai, baru akan ada meknisme selanjutnya untuk kemudian mekanisme pimpinan DPR yang akan diawali dengan rapat konsultasi dari perwakilan fraksi atau perwakilan partai yang diwakili oleh fraksi," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9).

Rekomendasi