Ahmad Muzani Singgung Gaya Hidup Sederhana di Pidato Perdananya Sebagai Ketua MPR

| 03 Oct 2024 13:50
Ahmad Muzani Singgung Gaya Hidup Sederhana di Pidato Perdananya Sebagai Ketua MPR
Ketua MPR Ahmad Muzani setelah dilantik. (Era.id/Gabriella Thesa)

ERA.id - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2024-2029, Ahmad Muzani menyinggung gaya hidup sederhana. Dia meminta seluruh anggota MPR untuk menjaga kompas moral.

Hal itu disampaikan dalam pidato perdananya usai dilantik sebagai Ketua MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2024).

"Saya ingin mengajak semua untuk memenuhi pada prinsip moral yakni agar kita selalu menjaga hidup sederhana tidak berlebihan dan berpegang teguh pada konstitusi yang berlaku," kata Muzani.

Dia menambahkan, menampilkan gaya hidup sederhana bukan berarti menolak kemajuan. Melainkan konsep kehidupan untuk menghargai apa yang sudah dimiliki.

"Justru hidup sederhana mengajarkan kita untuk menghargai apa yang telah kita miliki, memperkuat hubungan sesama dan menjaga lingkungan di sekitar dengan hal-hal yang benar-benar penting seperti keluarga, persahabatan, dan berkontribusi pada nilai positif yang hidup di masyarakat," ucapnya.

Lebih lanjut, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra itu mengajak seluruh anggota MPR untuk menjaga kepercayaan masyarakat.

"Kami juga mengajak seluruh anggota majelis dan segenap elemen bangsa untuk bersama sama menjaga kepercayaan rakyat dengan merenungkan nilai-nilai yang sesungguhnya penting bagi kita yang saat ini," kata Muzani.

Sebelumnya, Muzani resmi dilantik sebagai Ketua MPR periode 2024-2029. Dia akan memimpin MPR bersama delapan wakil ketua yang berasal dari perwakilan fraksi-fraksi partai politik di Senayan dan kelompok DPD.

Delapan Wakil Ketua MPR itu antara lain Bambang Wuryanto dari Fraksi PDI Perjuangan, Kahar Muzakir dari Fraksi Golkar, Lestari Moerdijat dari Fraksi NasDem, Rusdi Kirana dari Fraksi PKB, Hidayat Nur Wahid dari Fraksi PKS, Eddy Soeparno dari Fraksi PAN, Eddy Baskoro Yudhoyono dari Fraksi Demokrat, Abcandra Muhammad Akbar Suprarman dari kelompok DPD.

Rekomendasi