Profil Abcandra Akbar Supratman, Pimpinan MPR Termuda di Usia 26 Tahun

| 03 Oct 2024 15:06
Profil Abcandra Akbar Supratman, Pimpinan MPR Termuda di Usia 26 Tahun
Anggota DPD RI dapil Sulawesi Tengah Abcandra Muhammad Akbar Supratman (ANTARA/HO-DPD RI)

ERA.id - Anggota DPD RI Abcandra Muhammad Akbar Supratman resmi menjadi Wakil Ketua MPR periode 2024-2029 mewakili kelompok DPD. Abcandra meraih rekor sebagai pimpinan MPR RI termuda dalam sejarah.

Pria kelahiran Palu, yang baru saja berulang tahun ke 26 pada 1 Oktober 1998 ini merupakan putra dari politisi Gerindra yang saat ini menjabat sebagai Menteri Hukum dan HAM Supratman Andi Agtas. Dikutip dari Instagram resmi Muhammad Akbar Supratman, Nenek Abcandra ternyata juga pernah menjabat sebagai anggota DPRD Sulawesi Tengah selama 4 periode.

Abcandra aktif di sejumlah organisasi diantaranya Sapma Pemuda Pancasila, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), sayap kepemudaan Gerindra Tunas Indonesia Raya (Tidar), dan KNPI DKI Jakarta.

Lalu tak hanya aktif di sayap kepemudaan Gerindra, ia ternyata pernah bendahara PPP Sulawesi Tengah pada 2021. Lalu ia juga sempat menjadi direktur di PT Celebes Elaeis Indonesia.

Adapun riwayat pendidikannya, ia berseolah di SD/MI di SDN 25 Palu tahun 2004, SMP/MTS di Jubilee Junior High School Jakarta tahun 2011, SMA/MA di Jubilee Senior High School Jakarta tahun 2013 dan S1 di Universitas Trisakti tahun 2018.

Untuk diketahui, Ketua Fraksi Partai Gerindra MPR RI Habiburokhman mengatakan bahwa anggota DPD RI Abcandra Muhammad Akbar Supratman yang terpilih mewakili kelompok DPD untuk menjadi Wakil Ketua MPR RI periode 2024—2029 bakal menjadi rekor pimpinan MPR RI termuda dalam sejarah.

"Jadi, Abcandra kalau enggak salah usianya baru 26 tahun, dan ini menjadi rekor Wakil Ketua MPR yang termuda," kata Habiburokhman di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis.

Habiburokhman menyebut Abcandra terpilih mewakili Kelompok DPD menjadi pimpinan MPR RI periode 2024—2029 dalam Rapat Pleno Kelompok DPD di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Kamis dini hari.

Rekomendasi