ST Burhanuddin dan Budi Gunawan Hadiri Pembekalan Calon Menteri di Hambalang, Representasi PDIP?

| 17 Oct 2024 13:45
ST Burhanuddin dan Budi Gunawan Hadiri Pembekalan Calon Menteri di Hambalang, Representasi PDIP?
Ketua DPP PDIP Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. (Istimewa)

ERA.id - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan dan Jaksa Agung ST Burhanuddin terlihat mengikuti pembekalan calon menteri untuk kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat pada Rabu (16/10).

Buhanuddin dan Budi diketahui memiliki kedekatan dengan PDI Perjuangan. Apakah kedua tokoh tersebut merupakan representasi partai berlambang banteng di pemerintahan yang baru?

Menanggapi hal itu, Ketua DPP PDIP Puan Maharani tak memberi jawaban yang jelas. Dia meminta pertanyaan itu ditanyakan langsung kepada kedua tokoh tersebut.

"Tanyakan kepada yang bersangkutan," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (17/10/2024).

Diketahui, Prabowo mengundang calon-calon menteri, wakil menteri, dan kepala lembaga untuk mengikuti pembekalan yang digelar selama dua hari, 16-17 Oktober 2024.

Di hari pertama, jumlah undangan yang hadir mengikuti pembekalan sebanyak 59 orang. Salah satunya yaitu ST Burhanuddin dan Budi Gunawan.

Burhaniddin adalah adik kandung TB Hasanuddin yang merupakan kader senior PDIP. Sementara Budi Gunawan kerap terlihat dalam sejumlah acara PDIP namun tak pernah resmi menjadi kader.

Meski begitu, sejumlah elite dan senior partai tak menampik PDIP punya kedekatan dengan Budi Gunawan, bahkan sudah dianggap seperti keluarga.

Belakangan, santer beredar kabar bahwa Prabowo sudah menyiapkan kursi untuk PDIP di kabinetnya. Adapun PDIP belum bersikap apakah akan bergabung mendukung pemerintahan Prabowo-Gibran atau tidak.

Rekomendasi