Puan: PDIP Dukung Pemerintahan Prabowo di Parlemen, Tanpa Tempatkan Kader di Kabinet

| 20 Oct 2024 15:48
Puan: PDIP Dukung Pemerintahan Prabowo di Parlemen, Tanpa Tempatkan Kader di Kabinet
Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani sebut pihaknya dukung pemerintahan Prabowo Subianto di Parlemen. (Era.id/Aviv)

ERA.id - Ketua DPP PDI Perjuangan yang juga Ketua DPR Puan Maharani mengatakan, fraksinya akan mendukung pemerintahan Presiden Prabowo Subianto di parlemen. Namun, sikap partainya secara keseluruhan merupakan hak prerogatif Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Insyaallah posisi PDIP ke depan nantinya tenti saja akan diumumkan oleh ketua umum. Namun, kami akan mendukung pemerintahan Pak Prabowo di Parlemen," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Dia mengatakan, PDIP siap mendukung pemerintahan Prabowo, terlebih untuk membangun Indonesia. Namun partainya tidak menempatkan kader di kabinet Prabowo.

Hal itu merespons peluang Abdulla Azwar Anas memperoleh jatah kursi menteri di kabinet yang baru. Menurut Puan, mendukung tak harus masuk ke pemerintahan.

"Tidak ada kader PDI Perjuangan yang masuk kabinet. Bekerja sama dan saling mendukung itu tidak perlu, tidak harus dalam kabinet," kata Puan.

Disinggung soal keberadaan Budi Gunawan saat pembekalan calon menteri kabinet Prabowo di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat pada Rabu (16/10) lalu, Puan menegaskan bahwa Kepala BIN itu bukan representasi dari PDIP.

Meskipun memiliki kedetakan dengan PDIP, menurutnya, Budi Gunawan adalah orang pilihan Prabowo dari kalangan profesional.

"Pak BG masuk dalam profesional," kata Puan.

Lebih lanjut, Puan kembali menegaskan, sikap resmi PDIP akan disampaikan langsung oleh Megawati. Namun nantinya Fraksi PDIP siap mendukung pemerintahan Prabowo di Parlemen.

"Nanti akan ada pengumuman resmi. Namun posisi selanjutnya kita akan mendukung Pak Prabowo di pemerintahan dan di parlemen," pungkasnya.

Rekomendasi