Kompak Pakai Seragam Komcad, Prabowo Ajak Jajaran Kabinet Merah Putih Latihan Baris Berbaris

| 25 Oct 2024 10:50
Kompak Pakai Seragam Komcad, Prabowo Ajak Jajaran Kabinet Merah Putih Latihan Baris Berbaris
Presiden Prabowo Subianto bersama jajaran Kabinet Merah Putih berkegiatan di Akmil Magelang. (Dok. Kantor Komunikasi Kepresidenan)

ERA.id - Presiden Prabowo Subianto mengajak jajaran Kabinet Merah Putih latihan baris berbaris di Lapangan Sapta Marga, Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024).

Dari foto yang dibagikan Kantor Komunikasi Kepresidenan, seluruh menteri, wakil menteri, hingga staf khusus presiden kompak mengenakan seragam loreng Komponen Cadangan (Komcad).

Para Menteri, Wakil Menteri, Kepala Badan, hingga Penasihat Khusus Presiden dibagi ke dalam lima kelompok. Di setiap kelompok, disediakan masing-masing tiga pelatih baris-berbaris. Presiden Prabowo, Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, serta Panglima TNI dan Kapolri juga turut serta dalam latihan tersebut. Jenderal (Purn) Wiranto juga mengikuti latihan bersama para anggota kabinet.

Prabowo mengatakan, latihan baris berbaris bukan latihan kemiliteran, melainkan untuk menyamakan frekuensi dan gerak langkah sebagai pemerintah.

"Kita harus bergerak seirama dengan tujuan yang sama. Pemerintah itu tidak bekerja sendiri-sendiri, melainkan sebagai tim," kata Prabowo dalam keterangan tertulis, Jumat (25/10/2024)

Dia menambahkan,  kerja sama tim terbaik dapat dilihat dari sepak bola, di mana semua pemain harus memiliki keyakinan dan tujuan yang sama. Tim Kabinet Merah Putih juga harus menyadari bahwa mereka berkompetisi dengan negara-negara lain.

Ketua Umum Partai Gerindra itu menekankan, bahwa sistem pertahanan terbaik adalah Sistem Pertahanan Rakyat Semesta, di mana setiap warga negara harus siap sedia membela negaranya.

Diketahui, Prabowo mengajak jajaran Kabinet Merah Putih mengikuti retret di Akmil Magelang, Jawa Tengah. Meraka akan menjalani pelatihan dan pembekalan hingga akhir pekan.

Pada Kamis (24/10), para menteri dan wakil menteri bertolak dari Jakarta ke Magelang dengan menumpangi pesawat Hercules.

Rekomendasi