Dharma Pongrekun Ungkap Program Sapu Jagat Hadapi Semua Persoalan Ekonomi Jakarta, Apa Itu?

| 27 Oct 2024 20:30
Dharma Pongrekun Ungkap Program Sapu Jagat Hadapi Semua Persoalan Ekonomi Jakarta, Apa Itu?
Dharma Pongrekun. (YouTube/KPU Provinsi DKI Jakarta)

ERA.id - Calon Gubernur Jakarta Nomor Urut 2 Dharma Pongrekun yakin seluruh persoalan ekonomi di Jakarta bisa diatasi dengan satu program yang ia siapkan, yaitu Getuk Tular Adab.

Hal tersebut disampaikan dalam debat kedua Pilkada Jakarta 2024 di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta, pada Minggu (27/10/2024) malam.

"Program unggulan Getuk Tular Adab adalah suatu sistem ekonomi adab yang menjadi pusat ekonomi Jakarta yang akan menyelesaikan semua persoalan ekonomi yang ada di Jakarta," ucap Dharma Pongrekun dalam pidato pembukanya.

Ia mengklaim sistem ekonomi ini nantinya bisa diwariskan sampai ke cucu dan cicit warga Jakarta.

"Jadi rakyat Jakarta jangan lagi merasa khawatir terusir dari Jakarta walaupun biaya hidup yang mahal," lanjutnya. 

Saat mendapat pertanyaan dari panelis soal bagaimana langkah nyata dan inovasinya untuk berpihak kepada produk ekonomi kreatif lokal di Jakarta di tengah gempuran produk impor, Dharma dengan tegas menjawab Getuk Tular Adab solusinya.

"Kami sudah menyiapkan satu program yang berlaku untuk semua masalah, yaitu Getuk Tular Adab, di mana kami akan membina konsumen maupun produsen. Konsumen kami bina dan kami ajak untuk kompak untuk menggunakan merek yang ada di Jakarta. Terutama karena akibat pandemi banyak yang gulung tikar," ujarnya.

Selain itu, ia dan pasangannya, Kun Wardhana, akan menyiapkan tim ekonomi adab untuk membina pengusaha-pengusaha di Jakarta, baik tingkat perusahaan besar maupun UMKM, untuk saling gotong royong membangun ekonomi beradab.

"Kami akan bina lewat tim ekonomi adab. Kami akan membina setiap UMKM di setiap rumah menjadi industri kecil di Jakarta," ucap Dharma.

Tema debat malam ini adalah ekonomi dan kesejahteraan sosial. Selain itu, ada enam subtema yang akan diangkat, yaitu infrastruktur terintegrasi dan pelayanan dasar prima; pendidikan dan kesehatan; penanganan ketimpangan sosial; pembangunan ekonomi digital dan UMKM; pariwisata dan ekonomi kreatif; serta inflasi bahan pokok. 

Adapun Pilkada Jakarta 2024 diikuti oleh tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, yaitu Ridwan Kamil-Suswono nomor urut 1; Dharma Pongrekun-Kun Wardhana nomor urut 2; dan Pramono Anung-Rano Karno nomor urut 3.

Rekomendasi