Erick Thohir Mengeluh Tugas Kebanyakan Sejak Urus COVID-19

Tim Editor

Erick Thohir (Dok. Antaranews)

ERA.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengakui tugas yang diembannya mulai terlalu banyak. Hal itu dia sampaikan di acara Awarding Day BUMN Millenial Inovation Summit 2020 yang diselenggarakan pada Kamis (30/7/2020).

"Saya mohon maaf tadi telat karena memang tugasnya sudah mulai kebanyakan," ujar Erick dalam pidato pembukaan acara.

Seperti diketahui, Erick tak hanya menjabat sebagai Menteri BUMN saja, tapi juga mendapat tugas baru sebagai Ketua Pelaksana Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Adapun Satuan Tugas PEN diketua oleh Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin.

Membawahi perusahaan pelat merah sekaligus menangani permasalahan akibat wabah virus korona, diakui oleh Erick sebagai tugas yang sangat berat. Meski demikian, dia berjanji akan menjalankan tugasnya dengan serius.

"Karena ini bagian terpenting, bagaimana kita sebagai negara bisa breakthrough, dari kondisi COVID-19 dan pemulihan ekonomi," kata Erick.

Menurut mantan bos Inter Milan ini, kerja timnya tak akan berhasil jika tak mendapat dukungan dari kementerian dan masyarakat luas lainnya dalam membantu menuntaskan persoalan wabah.

"Apapun teorinya kita tak akan berhasil, kalau tadi, para masyarakat tak membantu kami dan menjaga protokol COVID-19," ucap dia.

Presiden Joko Widodo Jokowi telah meneken peraturan pemerintah terkait pembentukan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Dengan begitu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang sebelumnya dibentuk pemerintah telah dibubarkan.

Adapun komite ini dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai ketua dan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai ketua pelaksana harian. Pihak-pihak yang ditunjuk sebagai dewan pengarah serta wakil koordinator komite adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Menko Polhukam, Menko PMK, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Kesehatan.

Di dalam komite itu, pemerintah menepatkan Satgas Pemulihan Ekonomi dan Satgas Penanganan Covid-19. Satgas Pemulihan Ekonomi diketuai oleh Wakil Menteri BUMN I Budi Gunadi Sadikin, sedangkan Satgas Penanganan Covid-19 diketuai oleh Doni Monardo.

Tag: erick thohir bumn

Bagikan :