Potret Perjuangan FPI Tahun 1940 Melawan Penjajah Belanda, Cek Faktanya

Tim Editor

Akun Facebook Bianbe mengunggah tiga foto dengan klaim perjuangan FPI melawan Belanda (Dok. Turnbackhoax.id)

ERA.id - Akun Facebook Bianbe mengunggah tiga foto pada grup "Teman yang Menyukai Denny Siregar Reborn". Foto yang diunggah pada 3 Agustus 2020 itu mengklaim perjuangan FPI melawan Belanda. 

Berikut narasinya:

"Perjuangan FPI tahun 1940 melawan penjajah dari Belanda. Subhanallah"

Dok.turnbackhoax.id

Setelah ditelusuri, mengutip laman turnbackhoax.id, klaim perjuangan FPI telah dilakukan sejak 1940 melawan penjajah Belanda salah. Foto-foto tersebut merupakan aksi massa ormas Islam yang berakhir ricuh.

Pada foto pertama, massa yang tergabung dalam Majelis Silaturahmi Umat Islam Bekasi (MSUIB) dan Front Pembela Islam (FPI) Bekasi Raya menolak pembangunan Gereja Santa Clara di Jalan Lingkar Luar, Bekasi Utara. Peristiwa tersebut terjadi pada 24 Maret 2017. Saat itu aksu mereka berakhir ricuh dengan polisi.

Dok.turnbackhoax.id

Lalu foto kedua, FPI sedang berunjuk rasa menolak Basuki Tjahaja Purnama dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 3 Oktober 2014. Unjuk rasa ini juga berujung ricuh.

Foto ketiga merupakan bentrokan saat memperingati Hari Kelahiran Pancasila pada 1 Juni 2008 di Silang Monas. Bentrokan tersebut terjadi antara FPI dan Aliansi Kebangsaan Beragama dan Berkeyakinan (AKKBB). 

Dok.turnbackhoax.id

Dok.turnbackhoax.id

Berdasarkan penelusuran di atas, klaim narasi foto perjuangan FPI melawan Belanda merupakan parodi atau satire. 

 

Sumber: https://turnbackhoax.id/2020/08/05/salah-gambar-perjuangan-fpi-tahun-1940-melawan-penjajah-dari-belanda/

Tag: fpi berita hoaks era melawan hoaks cek fakta

Bagikan :