KSAD Andika Perkasa Jadi Wakil Erick Thohir di Komite Penangan COVID-19

| 08 Aug 2020 08:54
KSAD Andika Perkasa Jadi Wakil Erick Thohir di Komite Penangan COVID-19
Erick Thohir dan Kasad Andika (Gabriella/ era.id)

ERA.id - Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Erick Thohir melibatkan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Andika Prakasa sebagai Wakil Pelaksana KPCPEN. Dengan melibatkan unsur TNI, Erick berharap upaya meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan standar dalam kehidupan sehari-hari, bisa dijalankan dengan lebih intens, luas, dan masif.

"Satu kunci dalam memerangi pandemi adalah menjaga kepatuhan, ketaatan, dan disiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan selama pandemi. Sosialisasi tentang pentingnya menjaga protokol itulah yang perlu kita tingkatkan sehingga saya merasa perlu keterlibatan TNI Angkatan Darat," ujar Erick saat berkunjung ke Markas TNI AD di Jakarta, Jumat (7/8/2020).

Erick menilai, melibatkan TNI AD yang memiliki struktur organisasi hingga ke seluruh pelosok negeri merupakan upaya maksimal agar seluruh masyarakat Indonesia mengerti bagaimana pentingnya menjaga kesinambungan antara pemulihan kesehatan dengan kebangkitan ekonomi.

Menurutnya, mengajak keterlibatan TNI AD yang selama ini dekat dengan rakyat bisa memberi contoh, sekaligus mengajak masyarakat lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan jaga jarak. Sembari menunggu kesiapan vaksin COVID-19 yang rencana akan rampung awal tahun 2021.

"Tugas TNI memaksimalkan tingkat disiplin protokol COVID-19 di masyarakat terjaga di 83.000 kelurahan dan desa serta proses imunisasi vaksin di tahun depan bisa berjalan baik bersama kemenkes, kemendikbud, PMI, dan tentu POLRI," papar Erick.

Menteri BUMN ini mengaku sangat menghargai dan mendukung keinginan masyarakat kembali beraktifitas seperti bekerja, melakukan perjalanan, berolahraga, atau menjalankan kegiatan rutin lainnya di fase kebiasaan baru setelah selama lima bulan menjalani masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Namun, dengan masih tingginya penyebaran virus Covid-19, maka intensitas sosialisasi kepada masyarakat untuk menerapkan prinsip 3 M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) selama pandemi harus terus ditingkatkan.

"Fokus kami di Komite sudah jelas, kesehatan pulih, ekonomi bangkit. Terkait upaya pemulihan kesehatan, maka kami harus benar-benar turun ke bawah dengan semangat memudahkan dan melayani masyarakat agar bersama dan saling bahu membahu memerangi pandemi ini hingga tuntas," tegas Erick.

Dalam kesempatan yang sama, Jenderal TNI Andika Perkasa menyatakan kesiapan menjadi bagian dari KPCPEN yang punya misi mengatasi pandemi dan pemulihan ekonomi nasional secara tepat.

"Kami akan melibatkan struktur komando hingga lapisan terbawah yang dekat dengan masyarakat agar disiplin dan taat protokol kesehatan," pungkasnya.

Rekomendasi