Subsidi Gaji dari Pemerintah Baiknya Diberikan pada Pekerja Unskilled

Tim Editor

Ilustrasi pekerja tanpa keahlian (Era.id/ Anto)

ERA.id - Ketua MPR Bambang Soesatyo menyarankan agar pemberian subsidi gaji bagi pekerja yang diberikan untuk menyelamatkan konsumsi rumah tangga, diberikan pada pekerja yang unskilled atau tak punya keahlian. Sebab mereka yang paling banyak terdampak.

"Pemerintah dapat juga memberikan subsidi gaji kepada pekerja unskilled, mengingat mereka yang paling banyak terkena dampak pemutusan hubungan kerja (PHK) atau pengurangan gaji," kata Bamsoet sapaan akrabnya, Rabu (12/8/2020).

Menurutnya, pemerintah memang harus memilah sasaran program pemberian subsidi atau bantuan kepada masyarakat. Misalnya siapa yang termasuk dalam kategori yang paling membutuhkan bantuan, agar dapat mendorong peningkatan daya beli  masyarakat.

Lalu selain memberi bantuan, ia menilai pemerintah perlu mendorong pendapatan melalui produksi. Sebab bantuan melalui program subsidi gaji tidak selalu bisa menjamin penerimanya dapat membeli komoditas yang berkontribusi terhadap perbaikan konsumsi (multiplier effect yang tinggi) dan peningkatan daya beli.

"Pemerintah harus lebih fokus pada kesejahteraan masyarakat, khususnya pemberian bantuan kepada masyarakat miskin, dikarenakan mereka lebih membutuhkan bantuan, terutama bantuan langsung tunai," kata Bamsoet. 

Tag: covid-19 covid-19 di indonesia bantuan sosial subsidi gaji

Bagikan: