Cek Fakta: Data BIN, Jakarta Masuk Zona Hitam COVID-19

Tim Editor

Jakarta diklaim zona hitam COVID-19

ERA.id - Beredar gambar peta DKI Jakarta yang lima wilayahnya berwarna hitam  berjudul "Kondisi COVID-19 di DKI Jakarta". Pada gambar tersebut juga terdapat sejumlah grafik angka yang diantaranya menunjukkan jumlah kasus aktif hingga sembuh pasien COVID-19. 

Lima wilayah tersebut diantaranya Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan yang diklaim sebagai zona hitam COVID-19.

Lalu pada sebelah kanan atas gambar tersebut, terdapat logo Badan Intelijen Negara (BIN). Gambar ini beredar di media sosial. 

Terkait hal ini, Deputi VII Bidang Komunikasi dan Informasi BIN Wawan Hari Purwanto memastikan gambar tersebut hoaks. "Hoaks," kata Wawan pada Era.id, Rabu (12/8/2020).

Terkait hal tersebut, Tim Pakar Satuan Tugas COVID-19, Dewi Nur Aisyah menyebutkan data kasus aktif COVID-19 per 9 Agustus 2020 yang dianggap perlu perhatian ekstra. Sebab menyumbangkan angka kasus aktif lebih dari 1.000 kasus. 

"Dari mulai DKI Jakarta, ini lima kotanya masuk semua. Jakarta ada kecuali Kepulauan Seribu," katanya pada konferensi pers virtual, Rabu (12/8/2020).

Dok. BNPB

Selain kota-kota di Jakarta, ada sejumlah kota lainnya yang juga perlu diberikan perhatian. Ia menilai sebab kasus aktifnya di atas 1.000 karena mobilitas masyarakat yang tinggi.

"Tetap jaga protokol kesehatan," kata Dewi. 

Sementara itu, pada laporan Satgas COVID-19 pada 2 Agustus 2020, disebutkan Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Jakarta Timur masuk ke dalam zona merah. Sementara, Jakarta Selatan dan Kepulauan Seribu masuk ke dalam zona oranye. 

Tag: berita hoaks jakarta bin covid-19 cek fakta

Bagikan :