Sidang Tahunan Bersama Parlemen akan Dipersingkat Karena COVID-19

| 13 Aug 2020 16:00
Sidang Tahunan Bersama Parlemen akan Dipersingkat Karena COVID-19
Sidang akhir MPR (Mery/era.id)

ERA.id - Sidang Tahunan MPR bersama DPR RI dan DPD RI besertan Pidato Kenegaraan Presiden RI tahun 2020 akan dilaksanakan lebih singkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Adapun sidang tahunan bersama itu akan digelar pada Jumat (14/8/2020).

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, dipersingkatnya acara sidang tahunan termasuk pidato Presiden Joko Widodo dikarenakan pandemi global COVID-19. Meski demikian, hal tersebut tidak akan mengurangi makna acara.

"Karena ada protokol COVID-19, ada penyederhanaan-penyederhanaan beberapa protokol, tetapi saya pikir itu tidak mengurangi makna dari pada acara tersebut," ujar Dasco di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Dasco menambahkan, sidang tahunan besok akan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Oleh karena itu tidak semua anggota DPR hadir secara fisik, sebagian lainnya akan dihadiri anggota parlemen secara virtual.

Dasco menyebutkan, sebanyak kurang lebih 300 anggota DPR RI akan hadir secara fisik di ruangan. Mereka yang hadir pun, kata dia, dipastikan sudah menjalani swab test. 

"Jadi tidak semua anggota DPR datang dan memang sudah dipilih mewakili fraksi-fraksi. dan tentunya dengan protokol yang ketat," kata Dasco.

Sebelumnya, Sekjen DPR RI Indra Iskandar mengatakan Presiden Joko Widodo dijadwalkan membacakan pidato kenegaraan usai sholat Jumat.

Namun untuk tahun ini Presiden Jokowi hanya menyampaikan pidato kenegaraan sebanyak dua kali karena pandemi COVID-19. Hal ini berbeda dari tahun lalu, presiden menyampaikan pidato sebanyak tiga kali.

"Siangnya dilanjutkan dengan pidato nota keuangan pemerintah dalam rangka UU APBN 2021 mulai jam 14.00 WIB sampai jam 16.00 WIB," kata Indra.

Tags : mpr dpr
Rekomendasi