MPR Bakal Singgung Soal PPHN hingga Dampak Krisis Global di Sidang Tahunan Besok

| 15 Aug 2022 16:23
Bamsoet (Dok. MPR RI)

ERA.id - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo menyatakan, pihaknya bersama dengan DPR RI dan DPD RI siap menggelar Sidang Tahunan dengan Presiden Joko Widodo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (16/8).

"MPR telah siap menyelenggarakan sidang tahunan dan sidang bersama DPR dan DPD esok yang akan kita mulai jam 9.30 WIB," ujar Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (15/8/2022).

Bambang mengatakan, Sidang Tahunan akan dibuka oleh dirinya. Setelah itu dilanjutkan dengan pidato Ketua DPR RI Puan Maharani, lalu mendengar pidato tahunan dari Presiden RI. Selanjutnya, Presiden Jokowi akan menyampaikan RUU APBN 2023 atau nota keuangan.

Bambang mengatakan, dalam Sidang Tahunan besok, MPR RI akan menyampaikan perkembangan tentang Pokok-pokok Haluan Negara (PPHN).

"Isu yang besok akan kami sampaikan antara lain tentang laporan urgensinya kita atau bangsa ini memiliki Pokok-Pokok Haluan Negara," kata Bambang.

MPR RI akan menyampaikan bahwa telah membentuk panitia Ad hoc untuk membahas PPHN. Panitia ini akan diresmikan dalam sidang paripurna MPR RI pada September 2022 mendatang.

"MPR akan mengadakan sidang paripurna untuk memutuskan panitia Ad hoc sekaligus juga diberi tugas untuk menyusun substansi dari PPHN dan mencari bentuk dasar hukumnya yang akan kita putuskan nanti dalam paripurna berikutnya," kata Bambang.

Selain itu, MPR RI juga akan menyinggung krisis global yang disebabkan adanya pandemi Covid-19 dan perang antara Ukraina da Rusia.

"Kita harus waspada, karena IMF dan Bank Dunia sudah memperingatkan setidak-tidaknya 66 negara akan mengalami kebangkrutan dan Presiden kemarin menyampaikan ekonomi tahun ini suram dan tahun depan gelap," kata Bambang.

Rekomendasi