Dukungan PAN untuk Gibran Rakabuming Tak Ada Kaitan dengan Jokowi

Tim Editor

Gibran rakabuming dan Teguh Prakosa (Dok. Antaranews)

ERA.id - Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto menegaskan pilihan partainya untuk mendukung Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wali kota di Pilkada Solo 2020, tidak ada hubungannya dengan arah politik PAN ke depan. 

"Kita menganggap Gibran itu layak untuk menjadi Wali Kota Solo, ini enggak ada kaitannya dengan pemerintah Pak Jokowi," ujar Yandri di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020).

Yandri juga membantah keputusan PAN mendukung Gibran hanya supaya bisa masuk ke dalam koalisi pendukung pemerintah. Seperti diketahui, saat ini PAN termasuk partai politik yang berada di luar pemerintahan.

Yandri menambahkan, kalau pun PAN berkeinginan untuk masuk ke gerbong koalisi pemerintah jalannya tidak mudah. Selain karena harus atas seizin Presiden Jokowi, PAN juga harus mengambil keputusan melalui forum, entah rakernas atau rapimnas.

"PAN bergabung atau tidak bergabung pertama tergantung Pak Jokowi. Kedua musti melalui forum apakah itu rakernas atau rapimnas. Dan itu belum kita lakukan," kata Yandri.

Meski begitu, Yandri tak menampik jika pintu untuk berkoalisi selalu terbuka. Asalkan, tawaran tersebut datang secara langsung Jokowi sendiri.

"Tapi tergantung Pak Jokowinya, tergantung PAN-nya. Kalau Pak Jokowi oke, PAN ya oke. Tapi kalau misalkan PAN mau, Pak Jokowi enggak mau atau PAN enggak mau tapi Pak Jokowi mau, nah, ini mesti ada titik temunya," ujarnya.

Lebih lanjut, Yandri mengatakan PAN akan terus mendukung pemerintahan secara bijak, terbuka, dan siap memberikan dukungan untuk hal-hal baik yang dilakukan. "Yang tidak bagus kami kasih saran secara konstruktif," ujarnya.

Sebelumnya, PAN telah memberikan surat rekomendasi dukungan terhadap Gibran Rakabuming Raka dan pasangannya, Teguh Prakosa untuk maju di Pilkada Solo 2020.

Adapun alasan partai ini memberikan dukungan terhadap Gibran karena dia masih muda, berprestasi, dan mampu mengatur orang lain karena sebelumnya pernah menjadi pengusaha.

Tag: gibran rakabuming raka gibran calon walikota solo pilkada 2020 pilkada Pilkada Solo

Bagikan :