Pemerintah Anggarkan Rp14,4 Triliun untuk Pariwisata di Tahun 2021

Tim Editor

Jokowi (Dok. DPR RI)

ERA.id - Pemerintah akan menganggarkan Rp14,4 triliun untuk mendorong pemulihan sektor pariwisata. Pemulihan pariwisata tersebut dilakukan dengan mengembangkan lima destinasi wisata super prioritas.

"Pembangunan Pariwisata Tahun 2021 dianggarkan sekitar Rp14,4 triliun yang diarahkan untuk mendorong pemulihan ekonomi di sektor pariwisata," ujar Presiden Joko Widodo dalam pidatonya dalam rangka Penyampaian Pengantar RUU APBN Tahun Anggaran 2021 yang digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (14/8/2020).

Adapun yang dimaksud dengan lima destinasi wisata super prioritas yaitu, Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang. Selain untuk pengembangan lima destinasi wisata super prioritas tersebut, anggaran pariwisata akan digunakan untuk mengembangkan aspek 3A yaitu atraksi, aksesibilitas, dan amenitas. Serta peningkatan pada 2P yaitu promosi dan partisipasi pelaku usaha swasta.

Anggaran tersebut nantinya akan dialokasikan untuk pendekatan storynomics tourism yang mengedepankan narasi, konten kreatif, living culture, dan kekuatan budaya serta pemanfaatan skema KPBU dalam pembangunan pusat-pusat hiburan seperti theme park yang dianggap bisa menyerap banyak wisatawan.

"Berbagai kebijakan belanja negara diharapkan dapat mendorong tercapainya sasaran pembangunan pada tahun 2021," ujarnya.

Tag: jokowi pariwisata covid-19 pemulihan pasca COVID-19 pemulihan ekonomi nasional

Bagikan: