Seluruh Perwira Secapa AD Sembuh dari COVID-19

| 15 Aug 2020 12:34
Seluruh Perwira Secapa AD Sembuh dari COVID-19
Pasien Secapa AD (Dok. TNI AD)

ERA.id - Kepala Dinas Penerangan AD Brigjen TNI Nefra Firdaus mengungkapkan hasil Lab polymerase chain reaction (PCR) dari swab lanjutan di Secapa AD. Sampai Sabtu (15/8/2020) terdapat empat pasien yang dinyatakan negatif. 

"Ada empat pasien lagi yang dinyatakan negatif," kata Nefra pada wartawan, Sabtu (15/8/2020).

Ia mengatakan dari total 1.308 pasien positif COVID-19 di Secapa AD, semua sudah sembuh. "Pada hari ini tidak ada lagi yang positif, semua sudah sembuh," katanya.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa menyebutkan seluruh pasien COVID-19 di Sekolah Calon Perwira (Secapa) AD saat ini sudah dinyatakan sembuh.

"Hasil lab PCR dari swab lanjutan pasien di Secapa AD sampai dengan hari ini (15/8), ada empat pasien lagi yang dinyatakan negatif," kata Kasad, melalui pernyataan tertulis, Sabtu (15/8/2020).

Dok. TNI AD

Hasil terakhir menyatakan empat pasien sudah negatif COVID-19. Ia memastikan seluruh pasien sembuh. "Dari total (semula) 1.308 pasien positif COVID-19 di Secapa AD, pada hari ini tidak ada yang positif," kata Andika.

Sebelumnya, sebanyak 1.308 siswa Secapa AD diketahui positif COVID-19 sehingga segera dilakukan berbagai upaya penanganan, termasuk karantina dan perawatan.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah terapi plasma convalescent terhadap perwira Secapa AD yang telah dinyatakan sembuh dari COVID-19.

Istilah terapi plasma convalescent merujuk pada pemberian plasma darah dari orang yang telah sembuh ke pasien lainnya yang dalam masa pengobatan untuk penyakit infeksi yang sama.

Plasma darah dari orang yang telah sembuh diperkirakan bisa membantu melawan SARS-CoV-2 karena memiliki antibodi yang telah dibentuk oleh pasien tersebut.

Dengan berbagai upaya yang dilakukan, jumlah pasien positif COVID-19 terus mengalami penurunan, seperti pada Jumat (14/8) yang tinggal menyisakan empat pasien positif COVID-19.

Saat ini, empat pasien itu telah dinyatakan negatif COVID-19 sehingga total 1.308 pasien COVID-19 telah sembuh.

Rekomendasi