Jokowi Minta Luhut Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi di Kuartal III dengan Investasi

| 24 Aug 2020 13:21
Jokowi Minta Luhut Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi di Kuartal III dengan Investasi
Jokowi (Dok. Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo meminta Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan untuk membantu mendongkrak pertumbuhan ekonomi di kuartal III dengan investasi. Hal tersebut disampaikan saat membuka rapat kerja, Senin (24/8/2020).

"Saya minta Pak Menko Marves yang bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi kita di kuratal III kuncinya selain konsumsi domestik, itu investasi," ujar Jokowi.

Dia meminta agar pertumbuhan investasi jangan sampai minus di atas lima persen. Apalagi pertumbuhan investasi di kuartal II minus hingga delapan persen.

"Kalau tidak bisa plus, ya jangan sampai di atas 5 minusnya. Kuncinya di situ (investasi)," kata Jokowi.

Terkait pertumbuhan investasi, Jokowi mengaku sudah berkomunikasi dengan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadia yang siap menggelontorkan dana sebesar Rp213 triliun untuk investasi.

Menurut Jokowi, investasi merupakan salah satu kunci untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal III 2020. Dia mengatakan, jajarannya tak boleh hanya bergantung pada ekspor dan konsumsi domestik.

Pasalnya, untuk ekspor masih terkendala dengan sulitnya pasar sebagai dampak pandemi COVID-19. Sementara konsumsi domestik juga mengalami stagnansi, karena terkendala oleh misalnya restoran hanya buka 50 persen, kemudian tempat wisata dan hotel yang belum bisa buka maksimal.

"Saya kira tidak apa-apa, tetapi harus ada jurus yang lain yang bisa kita lakukan yaitu dengan meningkatkan investasi agar di Kuartal III itu bisa mengungkit. Saya kira kuncinya ada di investasi," pungkasnya.

Rekomendasi