Sri Mulyani, Menteri yang Tak Punya Mobil Pribadi

| 27 Aug 2020 16:55
Sri Mulyani, Menteri yang Tak Punya Mobil Pribadi
Sri Mulyani (Dok. Kemenkeu)

ERA.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indarwati diketahui tidak memiliki satu pun kendaraan atas nama dirinya berdasarkan Laporan Hasil Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) per November 2019.

Dalam laporan LHKPN total kekayaan Sri Mulyani berjumlah Rp47.533.517.726. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu banyak menginvestasikan penghasilannya pada tanah dan bangunan yang nilainya Rp37,9 miliar.

Selain itu Sri Mulyani juga memiliki harta berupa surat berharga Rp12,6 miliar, kas atau setara kas Rp5,57 miliar, dan harta bergerak Rp415 juta. Sementara pada kategori alat transportasi dan mesin ia hanya punya sebuah sepeda motor merek Honda Rebel seharga Rp145 juta. Ia tak melaporkan punya mobil pribadi.

Kendati tidak punya mobil, pekerjaan Sri Mulyani sebagai menteri hanya didukung mobil dinas menteri, yaitu Toyota Crown 2.5 HV G-Executive. 

Sri Mulyani terakhir tercatat memiliki kendaraan atas namanya dirinya pada laporan LHKPN per 2016. Pada laporan itu dia punya satu unit Toyota Camry buatan 2009 dengan nilai Rp450 juta, namun status sedan menengah yang diperoleh pada 2009 tersebut sudah dihapus dengan alasan dijual. Sri Mulyani juga sempat memiliki Toyota Kijang buatan 1998. Mobil ini ditaksir memiliki nilai jual Rp50 juta.

Kijang itu merupakan satu-satunya mobil Sri Mulyani saat menjabat sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas era Presiden keenam Susilo Bambamg Yudhoyono (SBY). 

Tapi, Sri Mulyani pernah mengaku kepincut mobil ramah lingkungan hybrid dari Jepang yakni Toyota Prius PHV GR Sport. Ia mengaku akan membelinya saat pensiun dari jabatannya nanti.

"Keren, ya," ujar Sri saat mengunjungi arena GIIAS beberapa waktu lalu.

Meski Sri Mulyai tak punya mobil pribadi, pastinya sang suami, Tonny Sumartono punya mobil pribadi.

Tags : sri mulyani
Rekomendasi