Fadli Zon: Ada Tiga Orang Minang Hebat di Belakang Perumusan Pancasila

Tim Editor

Fadli Zon (Dok. Instagram Fadli Zon)

ERA.id - Wakil Ketua Umum Gerindra, Fadli Zon menanggapi polemik soal PDIP yang menyebut partainya tak disukai di Sumatera Barat (Sumbar). Ia menilai hanya orang yang tak mengerti sejarah yang meragukan masyarakat Sumbar mendukung Pancasila.

"Hanya orang-orang yang tak membaca dan mengerti sejarah yang masih meragukan masyarakat Sumbar mendukung Pancasila," kata Fadli melalui akun twitter @fadlizon, Kamis (3/9/3030).

Fadli menyebutkan tiga orang Minang hebat yang berada di belakang perumusan Pancasila dan UUD 1945. Salah satu diantaranya justru proklamator Bung Hatta.

"Ada tiga orang Minang hebat di belakang perumusan Pancasila dan UUD 1945: Mohammad Hatta, Muhammad Yamin dan H Agus Salim. Bahkan Bung Hatta adalah salah seorang Proklamator," kata Fadli.

Ia juga menilai masyarakat Minang justru egaliter, demokratis dan jauh dari feodalisme. Pandangan hidupnya, adat bersendi syarak, dan syarak bersendi Kitabullah. 

"Umumnya kritis dan mungkin ada yang masih ingat sejarah bagaimana perlakuan masa lalu terhadap sebagian orang Minang. Jas Merah," kata Fadli. 

Sebelumnya, PDI Perjuangan tak mengajukan kadernya untuk maju sebagai bakal calon gubernur maupun wakil gubernur di Pilkada Sumatera Barat (Sumbar). Sebabnya, partai berlambang banteng itu tak punya cukup kursi di DPRD Sumbar.

Meski demikian, PDIP masih bisa menjadi partai pendukung. Artinya, berkoalisi dengan partai lain yang memiliki pasangan calon. Adapun pasangan calon yang dipilih adalah Mulyadi dan Ali Mukhni. Adanya dukungan dari PDIP tersebut, Ketua DPP PDIP Puan Maharani berharap Provinsi Sumbar bisa menjadi daerah yang mendukung Pancasila. 

Tag: pdip gerindra fadli zon

Bagikan: