Biaya Kampanye Gibran-Teguh akan Dikeluarkan Seminim Mungkin

| 04 Sep 2020 17:45
Biaya Kampanye Gibran-Teguh akan Dikeluarkan Seminim Mungkin
Gibran rakabuming dan Teguh Prakosa (Dok. Antara)

ERA.id - Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Solo FX Hadi Rudyatmo memastikan mesin partai koalisi pengusung pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Solo, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa sudah siap. Meski demikian, Rudi tak mau menjelaskan strategi yang dipakai untuk memenangkan jagoannya pada 9 Desember mendatang.

"Langkahnya yo maju. Kalau strategi bocor, enggak boleh toh. Tapi yang jelas mesin partai sudah kita panaskan," kata Rudi usai mendampingi Gibran-Teguh mendaftar di KPUD Solo, Jumat (4/9/2020).

Selain memanaskan mesin partai, dia juga mengklaim sudah melakukan konsolidasi dengan sejumlah komunitas di Solo untuk mendukung Gibran-Teguh.

"Dukungan dari komunitas juga mulai dan yang pasti kita akan menerapkan protokol kesehatan," kata Rudi.

Sementara untuk biaya kampanye, Hadi mengatakan tentu yang dikeluarkan akan seminim mungkin. Apalagi, kegiatan pilkada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya mengingat adanya pandemi COVID-19 sehingga kegiatan kampanye juga tidak akan seperti biasanya.

Dia juga memastikan seluruh kegiatan kampanye pasangan Gibran-Teguh akan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti anjuran pemerintah dan Pertaturan KPU (PKPU).

"Kalau bisa (biaya kampanye) seminim mungkin, karena tidak seperti kemarin. Tidak ada rapat umum, karena semua terbatas. Kampanye terbuka nggak ada," kata Rudi.

Sementara putra sulung Presiden Joko Widodo menambahkan seluruh relawan Gibran-Teguh akan menginduk para partai politik pendukung. Dia juga memastikan baik partai maupun relawan sudah siap memenangkan dirinya.

"Seperti yang disampaikan Pak Rudi, relawan akan menginduk ke Partai. Kita setiap hari sudah koordinasi dan semua sudah setuju dan sepakat. Yang penting partai dan relawan sudah siap," kata Gibran.

Usai menyerahkan berkas pendaftaran calon, KPUD Kota Solo kemudian menyebut berkas yang keduanya dinyatakan lengkap dan dapat melaju ke tahapan selanjutnya yaitu pemeriksaan kesehatan.

Gibran dan Teguh akan melaksanakan tahapan tes kesehatan. Pelaksanaan tahapan ini akan dilakukan pada 8 September dan 9 September mendatang.

Diketahui, pasangan Gibran-Teguh ini didukung oleh koalisi besar di Kota Solo. Partai yang mendukung pasangan ini adalah PDI Perjuangan, Golkar, Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), PPP, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Rekomendasi