Penantang Gibran-Teguh Daftar ke KPU, Tegaskan Bukan 'Boneka Setting-an'

Tim Editor

Gibran rakabuming dan Teguh Prakosa (Dok. Antara)

ERA.id - Pasangan calon wali kota Solo dan wakil wali kota Solo jalur independen, Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) resmi mendaftarkan diri sebagai peserta Pilkada Solo 2020. Dalam kesempatan tersebut, pasangan calon Bajo ini menegaskan mereka bukan pasangan 'boneka' yang selama ini dituduhkan sejumlah pihak.

"Beberapa waktu lalu banyak kita dengar bahwa Bajo itu settingan, Bajo itu 'boneka', itu sangat tidak benar," ucap Ketua Tim Pemenangan paslon Bajo, Sigit Prawosa dalam konferensi pers usai pendaftaran di KPUD Surakarta, Minggu (6/9/2020).

Sigit menegaskan, tuduhan tersebut tidak benar. Sebab yang sebenarnya adalah pasangan Bajo murni didukung oleh komunitas Tikus Piti Hanata Baris dan rakyat. Dia pun berjanji akan membuktikan tuduhan sejumlah pihak terhadap pasangan Bajo adalah salah, saat dimulainya masa kampanye.

"Bajo murni koalisi Tikus Piti Hanata Baris dengan rakyat, dan akan kita buktikan bersama nanti," kata Sigit.

Klarifikasi tersebut dinilai penting untuk disampaikan saat pendaftaraan, sebab dianggap sudah mengusik perasaan rakyat kecil yang mendukung pasangan Bajo. Hadirnya pasangan Bajo dalam kontestasi Pilkada Solo 2020 ini juga merupakan sejarah baru. Sebab, Sigit mengklaim bahwa pasangan Bajo adalan pasangan independen pertama.

"Ini sebuah sejarah baru, tercetak di Kota Solo munculnya calon independen yang saat ini diusung Tikus Piti Hanata Baris yang berkoalisi dengan masyarakat," tegasnya.

Lebih lanjut, Sigit berharap semua pihak bisa mendukung agar Pilkada di Kota Solo nanti betul-betul pemilu yang elegan, jujur, bersih, dan tanpa bertentangan hal-hal yang dilarang dalam pemilihan umum.

Selain itu, pihaknya berharap Pilkada Solo 2020 bisa berjalan dengan baik dan lancar. Tikus Piti Hanata Baris bersama rakyat kecil, kata Sigit, akan bangkit bersama Bajo menuju Pilkada 2020.

"Biar masyarakat yang menilai, kami tidak terkait dengan pihak mana pun kecuali masyarakat dan rakyat Solo sendiri. Kami, Bajo bukan boneka," tegasnya.

Untuk diketahui, baik Pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa dan Bagyo Wahyono-FX Supardjo dinyatakan oleh KPUD Solo lengkap menyerahkan berkas administrasi pendaftaran peserta Pilkada 2020.

Selanjutnya, kedua pasangan tersebut akan melakukan tes kesehatan pada tanggal 8 dan 9 September. Kemudian dilanjutkan dengan penelitian administrasi dan penyerahan hasil verifikasi sekitar pertengahan September 2020.

 

Tag: gibran rakabuming raka gibran rakabuming pilkada 2020 Pilkada Solo

Bagikan: