Beredar Foto Megawati Pidato di Podium Berlogo Palu Arit Didampingi Jokowi, Faktanya

Tim Editor

Megawati Soekarnoputri (Ist)

ERA.id - Beredar sebuah foto Megawati didampingi Jokowi di atas podium dan di sana tertera logo palu-arit yang identik dengan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Foto tersebut diambil ketika Megawati yang saat itu didampingi oleh Jokowi tengah berpidato pada apel peringatan Hari Pancasila pada Juni 2013. Ketika itu Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Oleh akun Facebook Irfan Kalangkangkong, foto itu diunggah dan dituliskan narasi sebagai berikut: “Oalah ternyata PKI toh”

Setelah ditelusuri Cek Fakta, foto Megawati Soekarnoputri berpidato didampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sebuah podium yang terdapat logo palu-arit atau yang identik dengan logo PKI adalah klaim yang salah atau hoax.

Foto itu ternyata sudah diedit sedemikian rupa untuk mendiskreditkan Megawati dan Jokowi. Pada foto asli di podium itu bukanlah logo palu arit, melainkan logo Satgas PDIP Cakra Buana bergambar matahari putih dengan simbol banteng di tengahnya.

Megawati Soekarno Putri didampingi Jokowi yang juga kader partai PDIP, memimpin Apel Siaga peringatan Hari Lahir Pancasila di Tugu Proklamasi, Jakarta, Sabtu 1 Juni 2013 sekaligus dengan pengukuhan satgas PDIP Cakra Buana. Peserta yang hadir seluruh anggota PDIP dari seluruh Indonesia.

Tag: cek fakta

Bagikan: