Benarkah Foto Ini Ialah Wijiatno Ayah Presiden Jokowi? Cek Faktanya

| 30 Jul 2020 10:36
Benarkah Foto Ini Ialah Wijiatno Ayah Presiden Jokowi? Cek Faktanya
Jenderal Wang Zhen (bertopi) dan Wu Man-yu (Perpustakaan Universitas Winconsin)

ERA.id - Di facebook, akun anonim menyebarkan foto lelaki yang mirip Jokowi. Narasinya, orang dalam foto tersebut merupakan sosok Wijiatno, ayah dari Presiden Jokowi. Dalam foto juga terdapat keterangan “Underbow Pki 1965”. Benarkah?

Setelah ditelusuri, klaim tersebut adalah salah. Faktanya, itu bukanlah Wijiatno, ayah jokowi. Pria tersebut adalah jendral Wang Zhen yang merupakan figur politik Tiongkok dan salah satu dari Delapan Tetua Partai Komunis Tiongkok.

Wang Zhen lahir di Kabupaten Liuyang, Hunan, Tiongkok, 11 April 1908 – meninggal di Guangzhou, 12 Maret 1993 pada umur 84 tahun. Ia adalah orang dekat Presiden Tiongkok berkuasa Li Xiannian, pada masa jabatan tahun 1982 hingga 1985.

Tangkapan layar hoaks ayah Jokowi

Selain itu terdapat juga manipulasi dengan menambahkan logo palu arit di kerah baju pada foto yang diunggah akun Ko Hong Guan.

Sekadar diketahui, Wijiatno Notomiharjo yang merupakan Ayah Presiden Jokowi wafat pada tahun 2000 karena menderita penyakit hernia. Tidak ditemukan catatan bahwa dirinya pernah bergabung di militer atau Partai Komunis Indonesia (PKI). Latar belakang Wijiatno adalah seorang pengusaha kayu.

Rekomendasi