Kelaparan di Hutan, Anggota KKB Papua Kembali ke Pangkuan NKRI

| 02 Oct 2020 07:30
Kelaparan di Hutan, Anggota KKB Papua Kembali ke Pangkuan NKRI
Tenius Tabuni (DOk. Pen Cenderawasih)

ERA.id - Seorang anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua pimpinan Egianus Kogoya bernama Tenius Tabuni menyerahkan diri kepada aparat keamanan. Dia akhirnya memilih kembali ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) setelah kehabisan bekal di hutan.

Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III Kolonel IGN Suriastawa mengatakan, Tenius Tabuni keluar dari kelompok bersenjata setelah merasa ditipu. Dia menjadi korban iming-iming akan diberikan kebutuhan hidup sehari-hari dan uang.

Penyerahan diri disampaikan kepada tokoh agama di Kampung Mbua pada Sabtu lalu dan difasilitasi dengan pihak aparat keamanan setempat. “Proses penyerahan diri itu disaksikan oleh tokoh agama dan perwakilan masyarakat Kampung Mbua,” kata Suriastawa melalaui keterangan resminya pada Kamis (1/10/20).

Tenius Tabuni mengucapkan ikrar setia untuk kembali ke pangkuan NKRI dan menandatangani surat pernyataan keluar dari kelompok bersenjata. Tenius mengatakan selama menjadi anggota kelompok bersenjata dirinya sering kelaparan di dalam hutan karena kekurangan logistik.

“Kelompok itu tidak solid dan selalu terpecah-pecah,” kata Tenius, Jumat (2/20/2020).

Menurut Suriastawa, Tenius Tabuni juga merasa bahwa yang dilakukan KKSB selama ini bertentangan dengan hati nuraninya dengan kerap kali memeras dan mengancam masyarakat, serta menyakiti bahkan membunuh masyarakat yang tidak mau membantu.

Tenius Tabuni diduga pernah terlibat pengadangan dan kontak tembak di wilayah Habema sekitar tahun 2017 ini. 

Tags : kkb papua
Rekomendasi