BMKG: Hujan Ringan akan Guyur Beberapa Kawasan Jakarta Selama Sabtu

| 03 Oct 2020 07:30
BMKG: Hujan Ringan akan Guyur Beberapa Kawasan Jakarta Selama Sabtu
Petugas Dinas Kebersihan DKI Jakarta mengoperasionalkan alat berat untuk membersihkan tumpukan sampah di pintu air Manggarai, Jakarta, Selasa (22/9/2020). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

ERA.id - Badan Meterorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan dengan intensitas ringan akan mengguyur tiga wilayah DKI Jakarta pada Sabtu (3/10/2020) siang.

Dikutip dari laman resmi BMKG, Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Keupaulaan Seribu pada Sabtu pagi akan mengalami cuaca cerah. Sedangkan Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur akan memiliki cuaca cerah berawan.

Kendati, hujan dengan intensitas sangat ringan mulai mengguyur wilayah DKI Jakarta bagian Barat, khususnya di wilayah Meruya, Kembangan, dan sekitarnya pada Sabtu (3/10) pukul 05.00 WIB pagi.

Memasuki siang hari, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur. Sedangkan Jakarta Pusat dan Jakarta Barat cuaca mulai mendung.

Hujan ​​ringan diprakirakan baru akan terjadi di seluruh wilayah Ibu Kota dan Kepulauan Seribu saat malam hari sekitar pukul 19.00 WIB.

"Waspada hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Jaksel dan Jaktim pada sore hingga malam hari," bunyi peringatan dini dari BMKG, seperti dilansir ANTARA.

Hujan baru diprakirakan mereda ketika masuk Minggu dinihari.

Sementara, temperatur udara di kawasan Ibukota Jakarta diperkirakan akan berkisar antara 24 hingga 33 derajat Celcius. Kelembaban udara berkisar antara 65-90 persen, dengan kelembaban tertinggi di Kepulauan Seribu (80-90 persen).

BMKG telah mengeluarkan informasi prakiraan awal musim hujan tahun 2020. Diprediksi bahwa sebagian besar wilayah Indonesia memasuki periode awal musim hujan mulai akhir Oktober-November 2020

Rekomendasi