Politisi Demokrat Salahkan Jokowi Bila Pendemo UU Ciptaker Kena COVID-19

| 07 Oct 2020 18:01
Politisi Demokrat Salahkan Jokowi Bila Pendemo UU Ciptaker Kena COVID-19
Jokowi (Dok. Setkab)

ERA.id -  Politisi Demokrat, Rachland Nashidik menilai bila ada buruh dan mahasiswa yang berdemonstrasi karena Undang-Undang Cipta Kerja, maka itu menjadi salah Jokowi. Apalagi bila mereka sampai terpapar COVID-19.

"Pak @Jokowi, bila hari ini buruh dan mahasiswa turun ke jalan, dengan resiko terpapar Covid-19 atau cidera akibat bentrok dengan aparat, itu semua salah Anda," kata Rachland melalui akun Twitter RachlanNashidik, Rabu (7/10/2020).

Menurutnya, Jokowi yang sudah mengirimkan para pendemo tersebut untuk merebut kembali haknya. Sebab demonstrasi dianggap sebagai satu-satunya jalan.

"Anda pemimpin macam apa? Menyuruh rakyat memilih turun ke jalan dengan resiko terpapar Covid-19, atau diam di rumah menonton penghidupan yang lebih baik hilang?" kata Rachland. 

Sebelumnya, DPR RI mengesahkan RUU Cipta Kerja. Omnibus law sapu jagat ini dianggap terlalu berpihak pada pengusaha. Sementara hak-hak buruh makin dikurangi.

Polemik UU ini tak hanya soal ketenagakerjaan, persoalan pendidikan dan lingkungan juga dipermasalahkan. UU ini dianggap mengkapitalisasi pendidikan dan merusak lingkungan.

Saat pengesahan, hanya Demokrat dan PKS yang menolak RUU ini. Bahkan Demokrat sempat walkout saat sidang paripurna. 

Rekomendasi