Jokowi Kunker ke Kalteng Saat Mau Ada Demo di Istana, Tagar #JokowiKabur Menggema di Twitter

Tim Editor

Ilustrasi Presiden Joko Widodo saat melakukan kunker. (Foto: setkab.go.id)

ERA.id - Memasuki hari ketiga aksi protes terhadap pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja, kelompok buruh dan mahasiswa memastikan bakal menggelar aksinya di depan Istana Negara Jakarta. Bersamaan dengan itu Presiden Jokowi bertolak ke Provinsi Kalimantan Tengah dalam rangka kunjungan kerja pada Kamis (8/10/2020).

Meski pihak Istana Negara telah menyatakan bahwa kegiatan kunker presiden telah dijadwalkan jauh hari sebelumnya dan tak ada kaitannya dengan aksi massa yang akan digelar hari ini, warganet tetap mempertanyakan sikap kepala negara tersebut. Mereka bahkan melambungkan tagar #JokowiKabur sebagai bentuk kekecewaannya gagal menemui presiden.

"Ini gimana ceritanya, rakyat mau silaturrahmi.. tuan rumahnya malah ngacir wakakakak. Dari dulu ga berubah, katenye kangen di demo," tulis akun Twitter @anaknyesano.

"Kenapa malah kabur pak, katanya rindu di demo mahasiswa. Kami datang untuk menyuarakan suara sumbang masyarakat pak. Seperti bapak dulu saat masih jadi pekerja meubel," tulis akun @kapas_basahh.

"Mau kemana bapak?takutnya sama mahasiswa," tulis akun @Rismawa31400927.

Sebelumnya, Sekretariat Presiden menjelaskan kunker Jokowi tidak berkaitan dengan rencana demo tolak UU Cipta Kerja di depan Istana.

"Tidak, agenda presiden untuk food estate sudah dijadwalkan jauh-jauh hari. Jadi sama sekali tidak ada kaitan dengan aksi besok," ujar Kepala Biro Protokol, Pers, dan Media Setpres Bey Machmudin, Selasa (7/10/2020).

Menurut rencana, Jokowi akan meninjau program food estate. Jokowi langsung pulang ke Jakarta pada Kamis (8/10) sore.

Sedangkan malam ini Jokowi bermalam di Istana Yogyakarta. Menurut dia, Presiden Jokowi tidak memiliki agenda khusus di Yogyakarta. Presiden memilih menginap satu malam di Yogyakarta karena pada Kamis (8/10) pagi harus bertolak menuju Palangkaraya, Kalimantan Tengah melalui Bandara Adisujipto, Yogyakarta.

"Dari ziarah Solo terus ke Yogyakarta karena besok terbang dari Adisutjipto ke Palangkaraya, Kalteng. Jadi, hanya transit saja, istirahat," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo berziarah ke makam kedua orang tuanya di Pemakaman Mundu, Desa Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar.

Presiden juga menyempatkan mampir di rumah putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka, di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo.

Tag: jokowi demo demo mahasiswa omnibus law RUU Cipta Kerja

Bagikan: