Khawatir Bikin Ricuh, 40 Pemuda Luar Jakarta Diamankan dan Dites COVID-19

| 08 Oct 2020 12:30
Khawatir Bikin Ricuh, 40 Pemuda Luar Jakarta Diamankan dan Dites COVID-19
Puluhan orang yang diduga kelompok anarko diamankan (Dok. Antara)

ERA.id - Anggota Polda Metro Jaya mengamankan puluhan orang yang diduga hendak membuat ricuh aksi penolakan Undang-Undang Cipta Kerja di sekitar Istana Merdeka Jakarta Pusat. Puluhan pemuda tersebut berasal dari luar Jakarta.

"Ada dari Serang, Tangerang, Bogor, Bandung," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta dikutip dari Antara, Kamis (8/10/2020).

Sambodo mengatakan remaja yang diamankan tersebut tidak memiliki tujuan jelas datang ke Jakarta, namun diperkirakan akan bertindak anarkis saat berunjuk rasa. Ada sekitar 30-40 orang remaja berusia tanggung yang diamankan saat berkumpul dan menggunakan atribut warna hitam.

"Daripada mengacau provokasi atau lempar petugas maka kami amankan dulu," tutur Sambodo.

Petugas mengamankan para pelajar itu di sekitar Pancoran, Palmerah, Jalan Asia Afrika Senayan, dan Portal Senayan. Sambodo menegaskan pihaknya akan memeriksa para remaja itu selama 1x24 jam, guna mengetahui oknum yang mengajak berdemo di Jakarta.

Para remaja itu diduga menerima pesan singkat berantai telepon seluler untuk berunjuk rasa menolak UU Cipta Kerja hingga berujung ricuh. Selain itu, para remaja itu akan menjalani tes cepat (rapid test) untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Sebelumnya, sebanyak dua orang dinyatakan positif COVID-19 dan 10 orang lainnya berstatus reaktif usai menjalani tes antigen usai demo berujung ricuh di depan Gedung DPR/MPR RI, Rabu.

Berdasarkan pantauan, petugas mengamankan sekitar 50 pemuda saat berkumpul di Jalan Veteran Jakarta Pusat menuju lokasi aksi di sekitar Istana Merdeka. Petugas menghentikan dua truk yang mengangkut pemuda diduga kelompok anarko itu ke kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat.

Rekomendasi