FOTO: Jakarta Membara Tolak Undang-Undang Cipta Kerja

Tim Editor

Sejumlah elemen massa dari mahasiswa, buruh, dan pelajar menggelar aksi tolak UU Cipta Kerja di Jakarta. (Irfan/era.id)

ERA.id - Sejumlah elemen masyarakat, mahasiswa, buruh, hingga pelajar menggelar aksi penolakan terhadap pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja oleh DPR RI pada sejumlah lokasi di Jakarta dan daerah lainnya di Indonesia sejak Senin pekan ini.

Di Ibu Kota, massa yang terdiri dari mahasiswa dan siswa sekolah atas dilaporkan bentrok dengan aparat kepolisian di sekitar Museum Gajah Jalan Medan Merdeka Barat. Massa yang berhasil dipukul mundur, bentrok lagi di Bundaran Patung Arjuna Widjaja, bahkan satu pos polisi di dekat Patung Kuda dibakar oleh massa.

Massa kembali dipukul mundur ke arah Medan Merdeka Selatan. Namun, tak lama massa kembali dipukul mundur ke arah Stasiun Gambir. Akan tetapi berhasil ditahan oleh barikade yang dijejerkan oleh massa di depan Istana Wakil Presiden.

Saat massa kembali maju ke arah patung Arjuna Widjaja, terjadi insiden pelemparan batu ke Gedung Balai Kota Jakarta, sedikitnya tiga unit kendaraan mobil menjadi korban pelemparan.

Pantauan di lokasi, banyak demonstran yang dievakuasi oleh mobil ambulans karena terpapar gas air mata yang ditembakkan aparat, bahkan satu mobil diisi beberapa orang. Sementara sisanya dievakuasi menggunakan sepeda motor.

Dari bentrokan di sekitar kawasan Monas tersebut, Gedung Kementerian ESDM juga dirusak dibakar massa, halte TransJakarta Bundaran Hotel Indonesia dan Sarinah juga dibakar massa tak dikenal.

Berikut suasana demonstrasi di Jakarta yang berhasil diabadikan tim ERA.id, Kamis (8/10/2020).

 

 

 

Tag: demo demo mahasiswa omnibus law RUU Cipta Kerja demo tolak omnibus law

Bagikan: