Prabowo: Jadi Menhan Enggak Boleh Banyak Cerita

| 13 Oct 2020 11:51
Prabowo: Jadi Menhan Enggak Boleh Banyak Cerita
Probowo Subianto (Dok. Gerindra)

ERA.id - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengungkapkan alasannya tidak banyak bicara di media sejak masuk kabinet. Apa alasan Prabowo?

"Saya kebetulan diberi kepercayaan untuk menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI. Jadi pertahanan itu adalah suatu bidang, suatu sektor yang sangat penting dalam bernegara. Bahkan menurut saya dan menurut UUD, dalam pembukaan UUD kita, tujuan nasional yang pertama disebut adalah melindungi segenap tumpah darah. Jadi melindungi, melindungi ya fungsi pertahanan. Yang pertama disebut loh, sebelum tujuan nasional kedua, ketiga, dan keempat," kata Prabowo dalam video yang dirilis DPP Partai Gerindra, Senin (12/10). 

Prabowo menegaskan negara didirikan untuk melindungi rakyat sesuai pembukaan UUD 1945. Melindungi rakyat berarti melindungi wilayah. Prabowo ingin melindungi kedaulatan bangsa ini dari negara asing. Prabowo menegaskan tak bisa negara hanya sekadar menjaga perbatasan. Soal kerahasiaan negara juga harus jadi fokus pertahanan.

"Jadi salah kalau Menteri Pertahanan banyak bicara. Saya enggak boleh cerita, 'Oh, kekuatan kita segini, kita akan begini, kita akan beli alat ini'. Nggak bener. Nanti orang-orang yang nggak suka sama Indonesia, yang punya niat nggak baik akan tahu. Jadi ini memang demikian. Pada saatnya saya akan bicara. Intinya itu," kata Prabowo.

Ketum Partai Gerindra itu lalu bicara fungsi pertahanan dan prioritas antara keamanan dan kesejahteraan.

Prabowo menegaskan jika ingin suatu negara ingin kaya, keamanan juga harus diprioritaskan. Prabowo lalu bicara soal kekuatan negara-negara lain dalam sektor pertahanan.

"Menurut saya, justru kita harus seimbang tapi yang pertama. Ini banyak negara loh di seluruh dunia bahwa masalah keamanan syarat untuk kesejahteraan. Kalau tidak aman, nggak mungkin sejahtera. Tapi kita lihat negara AS, negara yang katakanlah saat ini dianggap terkuat dan memang terkuat, anggaran pertahanannya itu adalah untuk banyak waktu. 60 persen dari seluruh APBN mereka untuk pertahanan. Sekarang turun 50% dari seluruh APBN Amerika untuk pertahanan," kata Prabowo.

Rekomendasi